Kebakaran Kapal, Wakil Wali Kota Tegal Perlu Ada Revitalisasi Pelabuhan

Wakil Wali Kota Tegal, M. Jumadi, saat meninjau lokasi terbakarnya kapal di Pelabuhan Tegal. /Arah Pantura

ARAH PANTURA, TEGAL – Terbakarnya kapal-kapal nelayan yang sudah terjadi dua kali dalam waktu kurang dari 3 bulan di Pelabuhan Kota Tegal. Wakil Wali Kota Tegal, M. Jumadi meminta kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk merevitalisasi Pelabuhan Tegal.

Hal jni disampaikan M. Jumadi saat meninjau terjadinya kebakaran belasan kapal di Pelabuhan Tegal pada Sabtu (29/01) kemarin.

Menurutnya, banyaknya kapal-kapal yang terbakar karena terlalu banyaknya kapal yang bersandar di pelabuhan, namun saat bencana kebakaran terjadi, penanganan pemadam kebakaran dirasa kurang efektif.

Baca juga: Tabrakan Mikrobus Vs Bus Pariwisata di Margasari – Tegal, Seorang Kenek Bus Tewas

“Mobil pemadam kebakaran tidak efektif untuk melakukan penanganan pemadaman dikarenakan tidak bisa menjangkau lokasi,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP) untuk bisa merevitalisasi Pelabuhan Kota Tegal.

“Pertama pelabuhan perlu direvitalisasi, kedua setiap kapal nelayan, paling tidak memiliki Alkon atau alat pemadam kebakaran, sehingga nelayan bisa menanggulanginya saat bencana kebakaran terjadi,” ucap M. Jumadi.

Termasuk di pelabuhan disediakan perahu kapal pemadam kebakaran yang bertujuan agar penanganan pemadaman kebakaran bisa lebih efektif sehingga tidak memakan banyak kapal yang terbakar.

“Sudah dia kali terjadi, yang berawal dari satu kapal hingga akhirnya merembet ke kapal-kapal lainnya akibat tidak efektifnya mobil pemadam kebakaran menjangkau lokasi titik kebakaran yang terlalu jauh,” kata Wakil Wali Kota Tegal itu.

Selanjutnya, beber beliau saat kapal-kapal bersandar di Galangan Pelabuhan Kapal, tidak serta merta ditinggal. Namun,. Paling tidak ada ABK ada yang berjaga.

“Saya juga berharap, Kementerian KKP untuk berkordinasi dengan pemerintah daerah melakukan revitalisasi, dikarenakan pelabuhan disini kurang memadai, karena sudah dipenuhi banyak kapal yang bersandar sehingga kesulitan untuk akses keluarnya,” pungkasnya.***

Baca juga: Tragis, 3 Bocah di Balapulang – Tegal Tewas Tenggelam Saat Mandi di Sungai

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.