Kemenkes Sediakan Layanan Paket Obat Gratis Bagi Pasien Isoman yang Terkonfirmasi Positif Covid-19 Varian Omicron

ARAH PANTURA – Kasus infeksi viru Covid-19 varian Omicron terus meningkat di Indonesia.

Akibatnya, banyak orang yang khawatir dan panik dalam menghadapi kelonjakan kasus varian baru ini.

Namun, melalui press release di channel YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi menegaskan bahwa Covid-19 varian Omicron ini tingkat fatalitasnya lebih rendah daripada varian Delta meskipun muda menyebar.

Tidak hanya itu, Jokowi juga menerangkan bahwa pasien yang terinfeksi Covid-19 varian Omicron bisa sembuh hanya dengan melakukan pengobatan dan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Oleh sebab itu, menindaklanjuti pernyataan Presiden Jokowi tersebut, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengadakan layanan telemedisin isolasi mandiri bagi pasien terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron.

“Betul, lewat layanan telemedisin yang bekerja sama dengan 17 penyedia layanan telemedisin,” kata Alexander Ginting selaku Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 dilansir melalui Kompas, Sabtu, 5 Februari 2022.

Baca Juga: Kang Emil Akan Evaluasi PTM di Jawa Barat, Fokus Penanganan Covid-19 ke Wilayah Ini

Adapun, Alex juga menuturkan bahwa obat dan vitamin yang nantinya diberikan kepada pasien tidak dipungut biaya sama sekali.

Sayangnya, untuk saat ini layanan telemedisin paket obat baru berlaku di wilayah Jabodetabek saja sehingga masyarakat di luar wilayah tersebut belum bisa menggunakan layanan ini.

Berdasarkan keterangan Kemenkes, sasaran layanan telemedisin isoman perawatan Omicron ini diperuntukan bagi pasien positif Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan berusia minimal 18 tahun dengan beberapa persyaratan tertentu.

“Sasaran layanan telemedisin isoman perawatan Omicron adalah bagi pasien positif Omicron tanpa gejala atau gejala ringan, berusia minimal 18 tahun, kondisi rumah layak isoman, diperiksa di wilayah Jabodetabek, dan berdomisili di Jabodetabek,” ujar dr. Siti Nadia Tarmizi selaku Juru Bicara Vaksinasi Covid-19.***

BACA JUGA :  Pasca Gelombang Kedua Pandemi, Pemerintah Terus Dongkrak Bangkitnya Ekonomi Indonesia

(adn)

Baca Juga: PSSI Gelar Rapat Darurat Bicarakan Kelanjutan BRI Liga 1 Setelah Banyak Pemain Positif Covid-19

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.