Kerajaan Arab Saudi Beri Sinyal Positif Bagi Jemaah Indonesia Bisa Kembali Umroh

ARAHPANTURA – Selama masa pandemi, jemaah haji dan umrah  asal Indonesia yang sudah tercatat akan berangkat banyak yang tertunda. Bahkan banyak pula yang batal untuk berangkat. Tidak hanya jamaah, para pengusaha travel ibadah haji dan umroh pun banyak gulung tikar. Karena, mereka harus mengembalikan dana milik para Jemaah.

Berbagai upaya pun sudah dilakukan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Agama dan Kementrian Kesehatan untuk berdiskusi dengan Kerajaan Arab Saudi. Angin segar pun datang bagi jemaah Umrah asal Indonesia. Kerajaan Arab Saudi mulai mempertimbangkan jemaah dari Indonesia diizinkan menunaikan ibadah Umrah.

Konjen Jenderal KJRI Jeddah, Eko Hartono, menyebut sudah ada isyarat positif mengenai pembukaan umrah untuk WNI dari Kerjaan Saudi.

Hal itu didapat Eko usai bertemu beberapa pejabat tinggi Saudi untuk membicarakan pembukaan Umrah. Mereka yang ditemui termasuk Wakil Menteri Umrah sampai pejabat Kementerian Kesehatan.

“Mereka masih melihat dan mempertimbangkan situasinya. Di Jakarta juga sama, teman-teman di Kementerian Agama, dan Kementerian Kesehatan itu juga sudah bolak-balik ke Kedubes Saudi untuk berdiskusi dengan Pak Dubes di sana,” ucap Eko.

Baca Juga : Longsor Gunung Kuda, Penyebabnya Ternyata Karena Ini

“Bagaimana kemudian kita bisa memfasilitasi kedatangan jemaah Umrah dari Indonesia ke Saudi, tapi sampai sekarang belum. Hanya memang sudah ada indikasi positif,” sambung dia.

Dia menambahkan, salah satu indikasi positif lainnya adalah pembukaan pengisian visa Umrah bagi jemaah asal Indonesia.

“Sudah ada permintaan atau arrangement antara travel di Indonesia dengan yang di Saudi untuk persiapan penyelenggaraan umrah yang berupa persiapan dibukanya e-visa untuk Umrah,” tuturnya.

“Karena sekarang Umrah tidak bisa langsung datang, sebelum datang negara bersangkutan harus sudah mengisi visa khusus untuk Umrah. Jadi, nanti diterbitkan dulu di sana baru nanti yang bersangkutan bisa berangkat (setelah Umrah bagi jemaah asal Indonesia kembali diizinkan).” ungkap dia.

Sampai saat ini Saudi masih menutup pintu masuk jemaah Umrah asal Indonesia. Larangan masuk terkait penanganan COVID-19 di Indonesia yang dinilai Arab Saudi buruk.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *