KKN Mahasiswa Diminta Jangan Sekedar Formalitas, Begini Penjelasannya

Kabid Penelitian dan Pengembangan Baperlitbangda Brebes, Nurul Hidayat. /Ist

ARAH PANTURA, BREBES – Sebanyak 350 mahasiswa Universitas Peradaban Bumiayu Kabupaten Brebes diterjunkan pada Kuliah Kerja Nyata ( KKN) Tahun 2022.

Dari ratusan mahasiswa peserta KKN mahasiswa Universitas Peradaban Bumiayu tersebut, mereka ditempatkan di 34 Desa yang tersebar di 4 Kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes.

Pelepasan KKN yang digelar di gedung pertemuan Sahabat alam Bumiayu, Rabu (02/02) siang,, selain dihadiri pejabat Universitas Peradaban, nampak hadir Kabid Penelitian dan Pengembangan Baperlitbangda Brebes, Nurul Hidayat.

Baca juga: Longsor, Lalu Lintas Jalan Banjarharjo – Salem Diberlakukan Buka Tutup

Nurul Hidayat meminta mahasiswa yang merupakan bagian dari masyarakat, memiliki kemampuan dan cara berfikir yang ilmiah.

Untuk itu hendaknya mahasiswa bosa mampu menuangkan praktek dalam kehidupan dimasyarakat. Paling tidak, apa yang didapatkan di bangku kuliah bisa diadaptasikan dalam implementasinya ditengah masyarakat.

“Dalam KKN, mahasiswa harus bisa beradaptasi dengan masyarakat dalam kehidupan yang sebenarnya,” jelasnya.

Mahasiswa harus mampu melakukan pendampingan yang bisa berguna bagi masyarakat yang berada di lokasi.

“Jadi mahasiswa jangan menjadikan KKN sekedar formalitas, tapi harus bisa dilakukan dalam karya nyata,” ujarnya.

Tidak hanya itu, mahasiswa juga diminta bisa membantu program Pemerintah (Pemkab Brebes) yang kini tengah memperjuangkan peningkatan angka indeks pembangunan manusia (IPM) dan upaya menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Brebes.

‘Meski saat ini sudah dilakukan dan membaik, tapi ternyata belum mampu mendongkrak. Untuk bisa mendongkrak IPM, maka harus didukung semua elemen termasuk mahasiswa,” pungkas Kabid Penelitian dan Pengembangan Baperlitbangda Brebes, Nurul Hidayat.***

BACA JUGA :  Pasangan Suami Istri di Brebes, Hanyut Terseret Arus Sungai

Baca juga: 4 Amalan yang Dilakukan di Bulan Rajab, Ada Doa Panjang Umur

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.