Klenteng Tek Hay Kyong, Salah Satu Klenteng Tertua Gelar Ritual Ini Jelang Imlek

ARAH PANTURA, TEGAL – Menjelang perayaan Imlek atau tahun baru cina 2573, tahun 2022, warga Tionghoa di Kota Tegal, menggelar ritual buka pintu klenteng Tek Hay Kiong, pada Kamis (27/01) kemarin. Klenteng Tek Hay Kiong sendiri merupakan salah satu klenteng tertua di Indonesia.

Ritual buka pintu atau Ngo Mui merupakan ritual untuk mengundang para dewa agar masuk ke dalam klenteng. Dimana ritual yang dilakukan dengan membuka pintu klenteng baik disisi sebelah kiri maupun pintu sebelah kanan yang selama ini ditutup.

Tao Siu Chen Wei Dao Chang, seorang rohaniawan klenteng Tek Hay Kyong Tegal, mengungkapkan, dibukanya pintu klenteng sebagai tanda bahwa warga etnis Tionghoa siap merayakan Imlek.

Ritual buka pintu di klenteng tertua di pesisir pantai utara Jawa yang dibangun pada abad 17 ini, sekaligus ritual dilakukan untuk mengundang para dewa agar masuk ke dalam klenteng.

Baca juga: Dinilai Hina Prabowo, Edy Mulyadi Juga Dilaporkan Gerindra ke Polres Brebes

“Sebagai Istana para dewa, Klenteng Tek Hay Kiong, siap menyambut para dewa untuk datang dan merayakan Imlek bersama karena pintu klenteng akan selalu dibuka selama perayaan Tahun Baru Imlek,” ujarnya.

Setelah pintu dibuka, didepan klenteng terdapat sejumlah bendera berwarna yang dipasang untuk mengundang pata dewa yang ada di lima penjuru mata angin, termasuk sesaji yang telah disiapkan diatas altar sebagai jamuan roh leluhur.

“Namun, karena saat ini masih dalam masa pandemi, kegiatan perayaan Imlek tahun dibatasi. Dimana beberapa ritual yang mengundang perhatian warga seperti arak-arakan toapekong ditiadakan,” pungkasnya.***

BACA JUGA :  Gunakan Google Maps, Pemudik Motor Tersesat di Areal Persawahan di Brebes

Baca juga: Jalan Rusak, Begini Penjelasan Pemkab Brebes Soal Perbaikannya

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.