Kosong, 509 Kepala Sekolah di Brebes Dilantik

ARAH PANTURA, BREBES– Kekosongan jabatan Kepala Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Brebes akhirnya terisi. Setelah Bupati Brebes Idza Priyanti, Kamis (14/4) siang melantik 509 Kasek dari mulai tingkat Taman Kanak-kanak (TK), SD hingga SMP, yang digelar di Pendopo Kanjengan setempat.

Dari jumlah ini, sebanyak 264 Kasek di antaranya dilantik setelah dimutasi ke tempat tugas yang baru. Sedangkan banyak 237 Kasek lainnya, merupakan guru yang mendapat promosi sebagai Kepala sekolah. Bahkan, banyaknya jumlah kepali sekolah membuat proses pelantikan dibagi dua gelombang secara bergantian.

Sekretaris Daerah (Sekda) Brebes, Djoko Gunawan menjelaskan, total kepala sekolah yang dilantik dan diambil sumpahnya kali ini, ada 509 orang yang terdiri dari 3 orang jabatan Kepala Sekolah TK mendapatkan promosi.

Sekda Brebes Djoko Gunawan dan Kadindikpora Brebes Caridah./Arah Pantura

Sekda Brebes Djoko Gunawan dan Kadindikpora Brebes Caridah./Arah Pantura

“Sementara untuk Sd dari 450 orang, 241 mutasi dan 201 mendapatkan promosi. Untuk SMP sendiri ada 56 orang, dimana 23 oranb mutasi dan 33 lainnya promosi,” kata Sekda Brebes.

Djoko Gunawan membeberkan mutasi, rotasi dan promosi jabatan di jajaran kepala sekolah sudah cukup lama tidak dilaksanakan dikarenakan ada perubahan peraturan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Aturan baru yakni, Permendikbud nomor 40 tahun 2021 tersebut, baru turun pada Desember tahun 2021, sehingga pihaknya baru bisa melaksanakan mutasi, rotasi dan promosi untuk mengisi kekosongan jabatan Kasek. ”

Ada sekitar 200 lebih jabatan Kasek yang kosong ini, sehingga kami laksanakan mutasi, rotasi dan promosi untuk mengisi kekosongan ini,” terangnya.

BACA JUGA :  Kemiskinan Ekstrem di Brebes Meningkat, Pemerintah Pusat Harus Turun Tangan Lakukan Ini

Sesuai harapan Bupati, lanjut dia, dengan diisinya jabatan kasek yang kosong dapat menciptakan semangat yang baru untuk mendidik anak-anak di Brebes. Termasuk, dalam upaya meningkatkan IPM Brebes.

“Harapan kami, ada semangat baru dama mendidik anak didik, dan mampu meningkatkan IPM Brebes,” tandasnya.

Kepala Dindikpora Kabupaten Brebes, Caridah mengatakan, bagi para kasek yang baru dilantik diharapkan dapat menunjukan kinerja yang baik, meningkatkan sinergitas dengan Dindikpora dan meningkatkan kualitas pendidikan di Brebes.

“Ini harapan saya sebagai Kadindikpora baru, supaya kinerja para Kasek ini akan dinilai melalui pengawas. Sehingga mutu pendidikan di Kabupaten Brebes semakin baik” pungkasnya.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.