Kuasa Hukum Kades Bangsri : Tidak ada Kerugian Negara, Yang Ada kesalahan Administrasi

Kuasa hukum Kades Bangsri, Ahmad Torikhin, S.Hm /Arah Pantura

ARAH PANTURA, BREBES – Soal penahanan Kepala Desa Bangsri Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes, Devi Ferdian Susanto oleh penyidik seksi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Brebes beberapa waktu, ditanggapi kuasa hukum tersangka, Ahmad Torikhin, SH.

Menurut Kuasa hukum Kepala Desa Bangsri Devi Ferdian Susanto itu mengatakan jika kliennya yang dijerat Pasal 2 Ayat (1) Jo. Pasal 18 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Perubahan Atas undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Serta Pasal 3 Jo. Pasal 18 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, oleh Kejaksaan Negeri Brebes.

Terkait kasus dugaan dugaan korupsi dana desa tahun 2019 di Desa Bangsri yang dituduhkan kepada kliennya itu, Ahmad Torikhin, Kamis (16/12) siang, menjelaskan jika pekerjaannya sudah dilaksanakan semuanya. Hanya saja pekerjaannya dinilai tidak sesuai dengan peruntukannya karena tanpa seizin dari Inspektorat.

Baca juga: Terjerat Dana Desa, Kades Bangsri Ditahan Kejaksaan Negeri Brebes

“Soal tuduhan itu, sebenarnya pekerjaan dari anggaran dana desa sudah dilaksanakan oleh kliennya sebagai Kades. Hanya saja memang pekerjaan yang dilakukan tanpa seizin Inspektorat. Dimana pekerjaan A dilakukan Kades untuk pekerjaan B,” Ujarnya.

Artinya tidak ada kerugian negara, yang menurutnya hanya kesalahan administrasi yang dilakukan kliennya tersebut. Hanya saja Inspektorat memberikan tenggang waktu untuk mengembalikan kerugian negara selaam 60 hari tidak bisa disanggupi sehingga kliennya ditetapkan tersangka oleh penyidik kejaksaan.

“Inspektorat menilai ada kerugian negara sebesar Rp.101 juta. Namun tidak dilakukan oleh kliennya. Ini dikarenakan kliennya meyakini tidak ada kerugian negara karena menurutnya yang ada hanya kesalahan administrasi saja,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Aturan Beli BBM Gunakan Aplikasi My Pertamina Disorot Anggota DPR RI

Kuasa hukum tersangka korupsi Kades Bangsri ini, meyakini jika kliennya akan bebas dari jeratan hukum, karena sebagai kuasa hukum dirinya akan membuktikan semuanya di Pengadilan Tipikor Semarang.

“Kami meyakini jika klien kami akan bebas dari semua tuntutan dan kami akan buktikan semuanya nanti, saat proses sidang di Pengadilan Tipikor Semarang,” pungkasnya.***

Baca juga: Gali Kreatifitas Anak Muda, Dinkominfotik Brebes Gelar Lomba Vlog

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.