Larangan Cuti PNS Saat Nataru, Terbukti Siap- Siap Kena Sanksi

Kantor Bupati Brebes / Arah Pantura

ARAH PANTURA, BREBES – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) mengambil cuti dan bepergian ke luar daerah selama libur Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Bupati Brebes Nomor 800/2108 Tahun 2021 tentang pembatasan kegiatan bepergian ke luar daerah dan atau cuti bagi ASN selama hari libur Nataru.

Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Brebes Djoko Gunawan, Selasa (07/12), mengatakan, dasar dari SE di atas yakni Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2021. Yakni, tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Ke Luar Daerah dan/atau cuti Bagi Pegawai ASN Selama Hari Libur Nasional Tahun 2021 Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

“Jadi jelas, dalam SE di atas, ASN dilarang melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah selama hari libur nasional tahun 2021. Salah satunya libur Nataru,” ujar Sekda Brebes

 

Baca juga: Piala Soeratin U-17: Persab – Persibat Bermain Imbang 1-1

 

Pemkab Brebes hanya akan memberikan pengecualian kepada PNS, bagi yang melaksanakan perjalanan ke luar daerah dalam rangka pelaksanaan tugas kedinasan yang telah memperoleh Surat Tugas yang ditandatangani oleh minimal Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II) atau Kepala Kantor Satuan Kerja. Dan yang dalam keadaan terpaksa perlu untuk melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah dengan terlebih dahulu mendapatkan izin tertulis dari Kepala Perangkat Daerah di lingkungan instansinya.

“Tetap meskipun dua kriteria di atas diperbolehkan ke luar daerah, namun mereka harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada. Ini sebagai antisipasi penyebaran Covid-19,” tegas Sekda Brebes

Ditambahkan oleh Sekda Brebes, Djoko Gunawan, bila nantinya ada PNS terbukti melanggar aturan di atas, pihaknya tidak segan-segan memberikan sanksi tegas.

Di mana, pemberian sanksi itu sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

“Aturannya sudah jelas, jadi kita harapkan para ASN di Kabupaten Brebes dapat mematuhinya. Dan kita harapkan juga, selama libutan Nataru nanti masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan yang ada,” pungkas Sekda Brebes Djoko Gunawan.***

 

Baca juga:Kecewa Ketetapan UMK 2022, Perwakilan Buruh di Brebes Mengadu ke Dewan

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *