Lepas Keberangkatan Calhaj Asal Kabupaten Cirebon, Bupati Imron Bagikan Tips Ini

ARAH PANTURA, CIREBON – Bupati Cirebon, H. Imron melepas keberangkatan para calon jemaah haji (calhaj) asal Kabupaten Cirebon.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan di Asrama Haji Watu Belah Sumber, Senin (13/5/2025) tersebut, Imron turut didampingi oleh Kepala Kemanag Kabupaten Cirebon H. Asep Saefudin Jazuli.

Pada kesempatan itu, Imron juga turut menyampaikan kepada para calon jemaah haji, untuk bisa bersyukur bisa berangkat haji pada tahun ini. Karena menurut Imron, untuk bisa berangkat haji di Indonesia, harus menunggu antrean hingga puluhan tahun.

“Saat ini, antreannya sudah 22 tahun. Sehingga yang berangkat sekarang, harus bisa bersyukur,” ujar Imron.

Imron juga berbagi pengalaman, terkait dengan cara agar tidak tersesat ketika sedang melaksanakan ibadah haji. Menurut Imron, tersesat merupakan permasalahan yang paling banyak dialami oleh para clon haji.

Agar tidak tersesat ujar Imron, calon haji harus bisa mengetahui tempat penginapannya, baik itu dari namanya ataupun lokasinya. Ia menyarankan kepada calon haji, untuk bisa menghafal juga gedung-gedung yang ada disekitar penginapannya.

“Hal itu, cukup membantu kita untuk mencari tempat penginapan,” kata Imron.

Selain itu, jika calon jemaah haji bisa menjelaskan tempat penginapannya dengan cukup jelas, membuat para petugas akan lebih mudah untuk mengantarkannya pulang. Ia juga meminta kepada para calon haji, untuk tidak panik saat tersesat.

Karena menurut Imron, Pemerintah Indonesia, biasanya mendirikan cukup banyak posko untuk membantu para jemaah. Oleh karena itu, jika para calhaj tersesat, Imron menyarankan untuk meminta bantuan kepada sekretariat yang ada bendera Indonesianya.

BACA JUGA :  Idul Adha 1445 H, Jumlah Hewan Kurban di Masjid At-Taqwa Kota Cirebon Meningkat

“Kalau ada bendera merah putihnya, masuk aja, lalu minta tolong,” kata Imron.

Dalam kesempatan tersebut, Imron juga mewanti-wanti kepada para calon haji, untuk mewaspadai cuaca yang saat ini cukup panas di Arab Saudi. Ia menyarankan kepada para jemaah, untuk lebih sering meminum air putih dan tidak bepergian jika tidak begitu penting.

“Biasanya, yang bikin capek itu, karena kebanyakan jalan-jalan,” ujar Imron.

Ia juga berahrap, para calon jemaah haji asal Kabupaten Cirebon, bisa mendapatkan haji yang mabrur dan bisa kembali pulang ke tanah air dengan selamat.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Cirebon Asep Saefudin Jazuli menuturkan, bahwa calon haji yang berangkat pad ahari ini, berjumlah 440 jemaah, yang terdiri dari 432 calon haji dan 8 petugas.

Ia juga menyebutkan, bahwa rombongan jamaah haji asal Kabupaten Cirebon ini, berangkat dengan satu pesawat. Rencananya, calhaj asal Kabupaten Cirebon ini akan menginap terlebih dahulu di Embarkasi Indramayu dan baru akan terbang besok harinya.

“Insya Allah besok berangkat dari Indramayu jam 11, kemudian terbang sekitar jam 14.00,” kata Asep.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *