Lolos Seleksi Kompetensi, Guru P3K Bisa Saja Dianulir Karena Ini

ARAHPANTURA, BREBES- Meski sudah dinyatakan lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), guru peserta Pekerja Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) bisa saja dianulir. Hal ini dikatakan Kepala Bidang ( Kabid) ketenagaan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Brebes, Riyanto, (03/11).

Menurutnya, mengacu pada ketentuan syarat dan administrasi semua yang lolos SKD harus menjalani verifikasi pemberkasan terkait persyaratan peserta. Terlebih, dalam juknis saat mendaftar P3K formasi guru harus masih berstatus mengajar. Sehingga, dalam verifikasi berkas secara detail akan terungkap semua persyaratan peserta.

“Penegasan guru yang lolos SKD bisa dianulir. Merespon aduan peserta SKD guru P3K memiliki pekerjaan ganda di instansi pemerintah,” ungkapnya.

Baca Juga: Harumkan Nama Kota Cirebon, 5 Pelajar SD dan SMP Maju Lomba KSN Tingkat Nasional

Dalam juknis pendaftaran guru P3K. lanjut Riyanto, mengatur syarat khusus bagi peserta. Yakni, pada poin 2 berbunyi guru non ASN yang mengajar di satuan pendidikan yang diselenggarakan instansi pemerintah dan terdaftar sebagai guru di Dapodik Kemendikbudristek. Sehingga, untuk pembuktian dan verifikasi berkas akan diketahui saat pemberkasan.

“Hingga kini, kami belum bisa memilah peserta yang bekerja ganda di instansi pemerintah. Tapi, verifikasi berkas nanti akan menentukan,” tegas Riyanto.

Sementara itu, Koordinator Kabupaten Pendamping PKH Kabupaten Brebes Hendrik Maulana saat dikonfirmasi menambahkan, pihaknya membenarkan adanya dua peserta yang sudah dinyatakan lolos SKD masih bekerja sebagai pendamping PKH. Salah satunya, bertugas di Kecamatan Losari. Padahal, sesuai penandatanganan pakta integritas saat seleksi menjadi pendamping PKH. Peserta dilarang untuk memiliki pekerjaan ganda.

“Sesuai ketentuan dan pakta integritas. Dua nama yang lolos SKD Guru P3K. Statusnya memang pendamping PKH dan tidak mengajar sejak 2020. Jadi, jika diterima P3K maka harus mundur menjadi pendamping PKH,” pungkasnya.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *