Macet, Kendaraan Pemudik Terjebak di Pasar Tumpah Linggapura

ARAH PANTURA, BREBES – Arus mudik H-3 Lebaran kendaraan pemudik dari arah utara Tegal yang menuju ke arah selatan Purwokerto mengalami kemacetan hingga beberapa kilometer.

Terjebaknya kendaraan pemudik disebabkan adanya pasar tumpah di Pasar Linggapura.

Kemacetan parah terjadi sejak underpass Karangsawah hingga Pasar Linggapura yang berjarak lebih dari lima kilometer. Sesekali kendaraan yang mengular itu bergerak merayap, kemudian berhenti total.

Bahkan, beberapa pengemudi juga nampak turun dari kendaraannya karena mobil yang ditumpangi tak kunjung bergerak. Kondisi ini terjadi karena aktivitas warga yang meningkat di Pasar Linggapura Tonjong. Diperparah oleh ulah pengemudi yang tidak disiplin sehingga bertambah macet.

Alip (44), Pemudik asal Bekasi mengaku, antrean kendaraan mulai dirasakan sejak flyover Klonengan. Meski antre tetapi kendaraan masih bisa melaju pelan. Antrean semakin parah setelah memasuki SPBU Karangsawah, Tonjong, kendaraan lebih lama berhenti. Bahkan, berhenti total.

“Saat di tol arus lalu lintas sih lancar. Setelah keluar tol, mulai tersendat. Kondisi tambah parah saat masuk jalur Tegal-Purwokerto ini,” ujarnya, Jumat (39/4) pagi.

Hal yang sama dirasakan pemudik lainnya Ghofur (30). Menurutnya kemacetan mulai dirasakan sejak keluar Tol Pejagan. Namun setelah lepas Ketanggungan, arus lalu lintas lancar, dan masuk wilayah songgom kondisinya merayap hingga memasuki flyover Klonengan.

Kemudian, saat memasuki jalur Tegal-Purwokerto, kondisi arus lalu lintas mulai merayap sejak SPBU Prupuk. Kondisi bertambah parah, saat memasuki underpass Karangsawah, karena lanju kendaraan lebih banyak berhenti total.

“Kalau pas di tol masih lancar. Tapi setelah keluar tol Pejagan mulai tersendat, sampai tonjong ini,” tutur pria asal Jakarta yang mau mudik ke Kebumen ini.

BACA JUGA :  Sebuah Kapal Yang Baru Bersandar di Pelabuhan Tegal Ludes Terbakar

Sementara itu, untuk mengurai kemacetan, sejumlah petugas kepolisian yang menggunakan sepeda motor, melakukan pengaturan lalu lintas.

Mereka menertibkan para pengemudi yang tidak sabar hingga menyebabkan kemacetan bertambah parah. Sebagian petugas ada yang melakukan penarikan arus di Pasar Linggapura.

Anggota DPR RI Agung Widyantoro. /ist

Anggota DPR RI Agung Widyantoro. /ist

Anggota DPR RI asal Brebes, Agung Widyantoro yang kebetulan tengah melintas juga merasakan kemacetan.

Agung mengatakan, tersendatnya arus lalu lintas itu dipicu aktivitas warga di Pasar Linggapura, Tonjong. Sebab, menjelang Lebaran aktivitas warga lokal di pasar meningkat. Diharapkan, dalam waktu dekat Pasar Linggapura ini dilakukan revitalisasi, sehingga bisa memperlancar arus lalu lintas saat mudik dan balik Lebaran.

“Kalau secara umum kondisinya memang padat marayap. Ini karena terhambat di Pasar Linggapura. Untuk itu, kepada pemerintah daerah, saya berharap Pasar Linggapura ini bisa segera direvitalisasi, agar memperlancar arus lalu lintas,” pungkas Agung Widyantoro.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.