Mageri Segoro, Polres Brebes Tanam 60 Ribu Bibit Pohon Mangrove Cegah Abrasi Pantura

ARAHPANTURA, BREBES- Polres Brebes menanam 60 ribu bibit pohon tanaman mangrove untuk mencegah kerusakan pantai di sepanjang pesisir pantura Kabupaten Brebes, Selasa (12/10).

Salah satunya penanaman pohon mangrove yang dilakukan di bibir pantai Desa Randusanga Kulon Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes.

Melalui program yang dicanangkan Polda Jawa Tengah, Magero Segoro atau memagari laut.

Polres Brebes ikut mensukseskan program tersebut dengan melakukan penanaman puluhan ribu bibit mangrove.

Kapolres Brebes, AKBP Faisal Febrianto, mengungkap jika penanaman pohon mangrove seperti di kawasan pantai Randusanga, karena abrasi yang terjadi telah menghilangkan ratusan hektar areal tambak milik petani tambak desa setempat.

BACA JUGA: Anak 12 Tahun Meninggal di Embung Desa Luwungragi Brebes, Penyebabnya Bikin Miris

“Kami menanam ribuan pohon mangrove, agar bisa mencegah terjadinya abrasi di sekitar pantai yang selama ini menyebabkan lahan tambak milik petani tambak di Desa Randusanga Kulon, rusak bahkan hilang.” Ujar Kapolres Brebes kepada wartawan.

Sementara itu, Bupati Brebes Idza Priyanti yang ikut serta hadir saat penanam bibit mangrove dilakukan, berharap agar dengan penanaman bibit mangrove, persoalan abrasi bisa teratasi.

“Penanaman bibit mangrove ini sekaligus menjaga ekositem lingkungan di sekitar pesisi pantura,” ungkap Idza.

Idza berharap pemerintah pusat bisa ikut membantu dalam pembuatan penahanan rob di sepanjang pantai pesisir Brebes agar abrasi lahan bisa diatasi.

Sedangkan, Kepala Desa Randusanga Kulon, Afan Setiawan mengapresiasi penanaman bibit mangrove malalui Polda Jateng Mageri Sagoro. Terlebih menurutnya kerusakan akibat abrasi dan rob berdampak pada perekonomian warga sekitar.

“Kami atas nama pihak Desa Randusanga kulon, mengapresiasi Polres Brebes melalui program Polda Jateng Mageri Segoro, yang melakukan penanaman bibit mangrove di desanya. Apalagi akibat kerusakan yang disebabkan abrasi dan rob, sepanjang tahun telah berdampak pada perekonomian warga desanya,” katanya.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *