Masih Ada 142.937 Rumah di Brebes Yang Belum Miliki Jamban

ARAH PANTURA, BREBES – Di Kabupaten Brebes sendiri rupanya masih banyak rumah yang belum memiliki jamban atau WC. Kepala Bidang (Kabid) Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Dinperwaskim Brebes, Budi Rakhmawan, Rabu (10/11) menjelaskan jika di Kabupaten Brebes rumah penduduk yang belum memiliki jamban masih banyak.

Hal tersebut berdasarkan data dari aplikasi Sanitasi Terpadu Berbasis Masyarakat (STBM). dimana masih ada 142.937 masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang rumahnya belum memiliki jamban.

“Di Brebes masih ada masyarakat berpenghasilan rendah atau MBR, yang tempat tinggalnya belum ada jambannya. Dimana dari data itu, sekitar 142.937 MBR, untuk MBR yang belum memiliki jamban ada 102.799 MBR dan 38.139 MBR lainnya, masih buang air besar sembarangan, ungkap Kabid Kawasan Perkimtan Dinperwaskim Brebes itu.

Meski kebutuhan akan jamban masih tinggi namun Pemkab Brebes berupaya membantu masyarakat berpenghasilan rendah yang belum memiliki jamban.

“Di tahun ini Dinperwaskim Brebes telah mengalokasikan anggaran sebesar sebesar 4 miliar rupiah untuk 2.055 MBR penerima jamban di tahun ini, ujar Kabid Kawasan Perkimtan Dinperwaskim Brebes Budi Rakhmawan.

Kabid Kawasan Perkimtan Dinperwaskim Brebes itu juga menambahkan, untuk proses percepatan jambanisasi di kabupaten Brebes, sebenarnya ada juga dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Brebes. Akan tetapi sumber dana dari Dana Desa sudah dua tahun ini ditiadakan dikarenakan dana dari pemerintah pusat tersebut difokuskan pada penanganan covid-19.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *