Masih Banyak Penghalang, Kapan Jalur Sepeda Bisa Ramah?

ARAHPANTURA, CIREBON – Pemkot Cirebon melalui Dishub Kota Cirebon resmi membuat jalur sepeda di sepanjang Jalan Siliwangi yang dikhususkan untuk pengguna sepeda.

Uji coba jalur sepeda ini dilakukan sejak tanggal 18 September 2021, tepat pada saat peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas). Namun apakah bisa Kota Cirebon menjadi Kota Ramah Sepeda?

Kondisi ini sepertinya sulit diwujudkan di  Kota Cirebon. Ini karena mobilitas Kota Cirebon masih sangat padat dengan polusi yang cukup tinggi. Belum lagi, adanya parkir liar dan pedagang kaki lima yang memakan jalur khusus sepeda.

Berdasarkan pantauan Arah Pantura, sejauh ini saja masyarakat memang sudah mulai antusiasme mencoba jalur sepeda yang disiapkan di sekitaran Jalan Siliwangi. Tepatnya dari Alun-Alun Kejaksan hingga Jalanan Slamet Riyadi dan berputar kembali ke Jalan Siliwangi.

Namun, kenyataannya persoalan masih terjadi seperti petugas parkir liar dan pedagang yang memakan jalur sepeda. Padahal, Kadishub pada Jumat pekan lalu (18/9) sempat melakukan sidak tapi mereka masih belum jera.

BACA JUGA: Satgas Saber Pungli Tidak Temukan Pungli Sektor Kesehatan di Kota Cirebon

Salah satu pengendara sepeda, Rani menuturkan bahwa dirinya memang menikmati ketika menjajal trayek atau jalur sepeda yang baru saja diresmikan tersebut.

Namun, dirinya sangat menyayangkan jalur sepeda yang digunakan untuk parkir oleh oknum petugas parkir liar.

“Pas nyoba memang enak sih, cuma banyak yang gak ngerti aturan. Lalu lalang sembarangan. Jadi memang sempat ada halangan. Harapan saya bisa lebih ditertibin lagi,” tutur Rani.

Senada hal tersebut diungkapkan oleh, Gunawan (30 tahun) juga merasakan hal yang hampir sama, yakni banyaknya parkir jalan yang membuat kurang nyaman pengendara motor.

“Hambatannya memang yang parkir di jalan ini. Mobil-mobil ini. Masih kurang tertib. Mungkin bisa lebih ditertibkan lagi parkir-parkir mobil. Kan ini memang khusus full untuk sepeda,” jelas Gunawan.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *