Melihat Latihan Puluhan Pemuda Brebes Dalam Penyelamatan Korban Bencana Alam

ARAHPANTURA, BREBES – Wilayah Brebes merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Tengah yang rawan terjadinya bencana alam di saat musim hujan.

Kondisi ini menyusul daerah pantai utara (pantura) Brebes yang rawan terjadi banjir karena luapan sungai, sedangkan banjir bandang, longsor serta tanah bergerak rawan di wilayah selatan Brebes.

Untuk membantu tim Search And Rescue (SAR) dalam upaya penyelamatan korban bencana alam, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Brebes, menggelar pelatihan penanganan korban bencana alam bagi puluhan pemuda yang aktif di berbagai keormasan kepemudaan.

Kepala Bidang (Kabid) Pemuda Dan Olahraga Dindikpora Kabupaten Brebes, Fajar Adi widiarso, mengatakan jika pelatihan tanggap bencana yang melibatkan peserta dari unsur organisasi kepemudaan merupakan pelayanan kepada pemuda Brebes untuk meningkatkan kualitas.

Para pemuda dilatih upaya membantu tim SAR saat terjadi bencana alam./ Arah Pantura

Baca Juga: Persab Brebes Siap Tampil di Liga 3 Jateng, Targetnya Lolos Liga 2 Nasional

“Terkait konteks tanggap bencana, dimana dalam triwulan akhir tahun sudah memasuki musim penghujan, sehingga kita mengantisipasi kemungkinan kemungkinan terjadinya bencana alam di Kabupaten Brebes”, ujarnya, Kamis (21/10).

Menurut Fajar Adi, pelatihan ini setidaknya akan menjadi bekal para pemuda ormas di Brebes agar membantu tim SAR dalam penanganan bencana.

Selain itu, bisa meningkatkan kapasitas dan edukasi, bagaimana cara menyelamatkan korban bencana.

“Jadi pemuda ini bisa membantu regu penolong untuk membantu penanganan terhadap korban bencana yang sesuai dengan SOP,” tegasnya.

Adapun pelatihan yang diikuti oleh sekitar 60 pemuda ini meliputi pemandam kebakaran, hingga penanganan korban luka berat maupun ringan, serta edukasi penanganan korban bencana yang mengalami trauma.

Pelatihan tanggap bencana ini dimentori para ahlinya evakuasi bencana, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes, Tim SAR, Damkar dari Satpol PP, PMI, Tagana, serta Dinsos setempat.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *