Minyak Goreng Curah Langka, Pedagang Keluhkan Distributor Jual Lebih Dari HET

Wakil Walikota Tegal M. Jumadi saat sidak minyak goreng di pasar. /Arah Pantura.

ARAH PANTURA, TEGAL – Minyak goreng curah di Kota Tegal terjadi kelangkaan sejak beberapa hari terakhir. Dimana kelangkaan minyak goreng curah justru terjadi saat pasokan minyak goreng kemasan dicabut untuk harga eceran tertinggi (HET) oleh pemerintah.

Salah satu agen sembako Arif Rahman Hakim (45) mengatakan pasokan minyak goreng curah dari distributor menurun drastis. Padahal sebelumnya setiap hari bisa memasok hingga 15 drum.

“Saat ini tidak sampai 15 drum, padahal banyak konsumen yang membutuhkannya,” jelasnya.

Pedagang juga mengeluhkan harga beli dari distributor yang melebihi dari HET minyak goreng yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp. 14 ribu per liter.

“Harga dari distributor saat ini naik menjadi Rp. 15.400 ribu per liter, sehingga kami tidak mungkin menjual ke konsumen sesuai dengan HET minyak goreng yang ditetapkan,” ujarnya.

Wakil Walikota Tegal Muhammad Jumadi yang melakukan sidak ke sejumlah agen sembako yang berada di Jalan Teuku Umar Kecamatan Tegal Selatan, Jumat (18/3) sore mendapati sejumlah toko sembako kehabisan stok minyak goreng curah.

“Saya lihat drum-drum penyimpanan minyak goreng curah nampak kosong tidak ada isinya,” ujar Jumadi.

Menanggapi banyak keluhan agen, Wakil Walikota Tegal mengaku prihatin dengan kondisi tersebut. Apalagi pasokan minyak minyak goreng curah berkurang.

“Jelas kondisi ini akan berdampak pada sektor perekonomian yang lain seperti sektor usaha yang tergantung dari bahan minyak goreng,” ungkapnya.

Pemkot Tegal, menurut Wakil Walikota akan berkordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah maupun Pemerintah Pusat.

BACA JUGA :  Oleh-oleh Telur Asin, 8 Juta Butir Stok Telur Itik Disiapkan Hadapi Lebaran

“Kami dari Pemkot Tegal berharap dan menghimbau agar distributor minyak goreng curah mendistribusikannya secara normal,”pungkasnya.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.