Miris ! Banjir Rob Sudah Sebulan, Belum Ada Tindakan Pemkab Brebes

Banjir rob di Desa Randusanga Kulon, Brebes sudah terjadi sejak sebulan lalu. /Arah Pantura
ARAH PANTURA, BREBES – Meski banjir rob sudah terjadi sejak satu bulan yang lalu di Pesisir Utara Laut Jawa di Kabupaten Brebes, namun sayangnya hingga kini belum ada tindakan apapun dari Pemkab Brebes.
Kepala Desa Randusanga Kulon, Afan Setiyono, Selasa (30/11) siang mengatakan jika banjir rob sudah terjadi sejak satu bulan lalu. dimana setiap hari air rob datang tiba-tiba kemudian berapa jam kemudian surut.
“Meski surut, namun rob terjadi setiap hari sejak sebulan lalu. Bahkan hari ini terparah dimana banjir setinggi sekitar 50 centimeter tidak hanya menggenangi jalan-jalan di pemukiman warga. Akan tetapi juga masuk ke dalam rumah-rumah warga,” tegas Kades Randusanga Kulon.
Kepala Desa Randusanga Kulon, Afan Setiyono / Arah Pantura

Kepala Desa Randusanga Kulon, Afan Setiyono / Arah Pantura

Kades Randusanga Kulon ini juga menambahkan akibat air yang menggenangi rumah. Kini warga hampir setiap hari kesulitan untuk melakukan aktivitas baik memasak maupun perekonomian.
“Bagaimana bisa memasak, wong dapur rumah warga saja tergenang, mau beli ke warung saja pada tutup karena banjir. Yang dibutuhkan warga saat ini dapur umum dan kebutuhan pokok sembako. Namun sayangnya hingga saat ini belum pernah ada bantuan dari Pemkab Brebes kepada warga terdampak banjir,” ujar Kades Randusanga Kulon.
Kades Randusanga Kulon itu juga menjelaskan pihak Desa sudah mengajukan normalisasi Sungai Sigeleng untuk mengurangi genangan air rob ke rumah warga maupun jalan.
“Kami sudah mengajukan normalisasi Sungai Sigeleng ke Pemkab Brebes. Namun sayangnya hingga kini belum terealisasi. Padahal adanya normalisasi bisa mengurangi rob yang memggenai ke pemukiman,” pungkas Kades Randusanga Kulon Afan Setiyono.***
Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *