Miris ! Pinggir Jalan di Kota Brebes Jadi Tempat Buang Sampah, Bikin Bau Tak Sedap

Tumpukan sampah menyebabkan bau tak sedap pengguna jalan yang melintas. /Arah Pantura

ARAH PANTURA, BREBES – Pemandangan tak sedap terlihat di sejumlah titik jalan yang ada di wilayah perkotaan Brebes. Beberapa lokasi lahan kosong nampak puluhan hingga mencapai ratusan bungkus plastik berisi sampah menumpuk dilokasi lahan tersebut.

Padahal lokasi itu bukanlah lokasi penampungan sampah karena berada di komplek perkantoran. Seperti halnya disamping Kantor Dinas Perikanan yang berada di Jalan Yos Sudarso dan di depan Kantor Dinas Peternakan di Jalan Taman Siswa.

Salah seorang penarik Becak, Sudarto (40) yang biasa mondar-mandir melintas di Jalan Yos Sudarso maupun Jalan Taman Siswa mengaku melihat tumpukan sampah itu awalnya sedikit, namun kini semakin menumpuk karena bertambah banyak.

“Tumpukan sampah yang makin banyak, jelas tercium bau tak sedap. Kondisi ini menganggu saya saat membawa penumpang. Penumpang juga mengatakan tidak nyaman saat melintas disekitar tumpukan sampah dipinggir jalan itu,” ujarnya. Sabtu (09/4) siang.

Terpisah Anggota DPRD Brebes, Moh. Nizwar Alfisyahrin, menyayangkan sikap Pemkab Brebes yang seolah diam membisu terkait bau menyengat disejumlah titik jalan di wilayah Kota Brebes akibat tumpukan sampah di pinggir jalan perkotaan.

Anggota DPRD Brebes, Moh. Nizwar Alfisyahrin. /Arah Pantura

Anggota DPRD Brebes, Moh. Nizwar Alfisyahrin. /Arah Pantura

“Meski tumpukan sampah dipinggir jalan akibat ulah warga yang sembarangan buang sampah. Tapi harusnya Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Brebes bisa tanggap untuk melakukan pembersihan.

Anggota Fraksi Demokrat DPRD Brebes ini, khawatir bila dibiarkan tanpa penanganan, akan semakin parah dan bukan hanya di pinggir jalan, namun bisa juga ke badan jalan.

BACA JUGA :  (Video) Resmob Brebes Tangkap Kawanan Curanmor Lintas Provinsi, Otaknya Seorang Wanita Residivis

“Kalau sudah seperti itu, masyarakat sekitar maupun pengguna jalan akan terganggu karena bau menyengat. Kami harap Pemkab bisa secepatnya tanggap dan memberikan sosialisasi ke masyarakat agar tidak membuang sampah disembarang tempat,” beber Nizwar.

Menanggapi persoalan sampah, Bupati Brebes Idza Priyanti melalui Edy Kusmartono mengatakan jika dilokasi tersebut bukanlah sebagai tempat pembuangan sampah karena sampah yang menumpuk adalah sampah liar masyarakat.

“Itu menjadi tanggung jawab masyarakat karena disitu tidak ada titik pembuangan sampah. Namun sebagai kebaikan kawan-kawan di DLHPS maka harus dibuang karena menganggu,” jelas Edy Kusmartono.

Untuk mencegah perilaku masyarakat yang buang sampah sembarang, Edy berharap ada operasi yustisi gabungan.

“Harusnya digalakkan operasi yustisi untuk menangkap masyarakat yang membuang sampah liar ini,” pungkasnya.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.