Pelaksanaan ANBK Tahun 2021, Penilaian Mutu Sekolah Menuju Perubahan Dunia Pendidikan

ARAHPANTURA, CIREBON – Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia melalui Direktorat Sekolah Dasar melaksanakan Assesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021. ANBK atau Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah . Adapun pada ANBK atau Asesmen Nasional mutu satuan pendidikan akan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi dan karakter), kualitas proses belajar-mengajar, dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Seperti di Kota Cirebon, pelaksanaan ANBK diikuti ribuan siswa SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA. Setiap sekolah masing-masing diikuti oleh 30 siswa. Ditingkat sekolah dasar, siswa yang mengikuti ANBK hanya kelas 5.

Di SDN Kalijaga Permai Kota Cirebon, menjelang pelaksanaan ANBK telah dilakukan berbagai persiapan. Diantaranya sarana, SDM, dan prosedur pelaksanaan.

Salah satu guru SDN Kalijaga Permai yang juga bertugas sebagai proktor, Dendi Suparman, S.Pd. mengatakan, ANBK dilaksanakan di laboratorium komputer. Sarana yang tersedia 15 unit PC yang terkoneksi dengan internet berkecepatan 175 mbps, 1 tenaga teknis, 1 orang proctor, dan 1 orang pengawas ruangan. SDN Kalijaga Permai mendapat jadwal pelaksanaan gelombang pertama hari Senin-Selasa, 15-16 November 2021.

Baca Juga: Ribuan Siswa Akan Ikuti Uji Petik Ke-2, Begini Harapannya

“Pada gelombang pertama ini terdiri dari 2 sesi. Sesi 1 pukul 08.00 s/d 10.00 Wib, dan sesi 2 pukul. 13.00 s/d 15.00 wib. ANBK sendiri terdiri dari tes Kompetensi Literasi di hari pertama, dan tes numerasi dihari kedua. Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancer,” ujarnya kepada Arah Pantura Selasa, (16-11-2021).

Sementara, Kepala Sekolah SDN Kalijaga Permai, Novi Nurul Khotimah, S.Pd., M.Pd.I menyebutkan, ANBK Tahun 2021 merupakan model penilaian berskala nasional yang pertama dilaksanakan di Indonesia.

“Kami siap sedia melaksanakan kebijakan-kebijakan dari pusat. Dengan daya dukung sarana dan prasarana serta SDM yang mumpuni, sehingga diharapkan SDN Kalijaga Permai bisa menjadi sekolah yang selalu siap menghadapi perubahan dan perkembangan dunia Pendidikan,” ujarnya.

Novi juga berharap, semoga kebijakan ANBK yang digagas Mas Menteri Nadiem Makariem membawa Pendidikan Indonesia lebih maju. Dan SDN Kalijaga Permai siap menyukseskan pelaksanaan ANBK Tahun 2021.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *