Pemahaman Pancasila Minim, Generasi Muda Saat ini Perlu Penataran P4

ARAHPANTURA, BREBES – Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Brebes, Wahyudin Noeraly, Minggu (31/10) mengatakan jika generasi muda saat ini perlu mengikuti penataran Pedoman Penghayatan dan Pengalaman Pancasila ( P4).

Kondisi sekarang ini berbeda dengan jaman dahulu, sebelum penataran P4 itu dihapus oleh TAP MP, dimana sejak mulai anak anak masuk SMP maupun SMA sudah dibekali dengan penataran P4 saat menjadi siswa baru.

Namun, menurut pria yang dikenal dikalangan masyarakat dengan nama Goyud ini menyampaikan, meski sudah dihapus namun bukan berarti nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila ikut terhapus. Hal ini dikatakan beliau saat menghadiri penataran P4 yang diikuti oleh para anggota Pemuda Pancasila (PP) se Kabupaten Brebes.

“Kami sengaja mengadakan penataran P4 kepada anggota PP dari berbagai latar belakang, seperti preman dan lainnya yang bertujuan kembali mengingat penataran P4 kepada pemuda saat ini,”ujarnya.

Baca Juga: Menengok Kerajinan Ceting Cepon Anyaman Bambu Di Desa Ganggawang Yang Tetap Bertahan

Goyud menambahkan jika penataran P4 sangat diperlukan karena saat adanya perbedaan-perbedaan, namun tidak disatukan, akan tetapi malah diperlebar perbedaan tersebut. Hal ini dikarenakan generasi pemuda saat ini banyak yang hanya hafal Pancasila namun tidak sedikit yang memahami isi kandung yang dimaksud di dalamnya.

“Saya pikir sangat penting, kenapa pemuda sekarang ini melihat Pancasila hanya sebagai hafalan. Padahal Pancasila itu bukan hafalan. Kemudian, kenapa ada pihak yang mengklaim sebagai orang yang tahu pancasila, dan sebagian yang lain tidak pancasilais. Padahal, Pancasila itu mempersatukan bukan mempertentangkan,” ungkapnya.

Munculnya pertentangan di tengah masyarakat, menandakan ada paham-paham yang sudah mulai aus. Generasi muda saat ini, mulai ada yang kehilangan jati dirinya tentang Pancasila.

“Untuk mengembalikan esensi pancasila, pertama yang perlu dipahami adalah pancasila bukan sekedar hafalan. Akan tetapi nilai-nilai yang dikandung dalam pancasila itu yang harusnya disosialisasikan kepada para generasi muda,” Pungkasnya.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *