Pemkab Brebes Kucurkan Bantuan Sarpras ke Nelayan

Pj Bupati Brebes disela pemberian bantuan kepada nelayan. / Ist

ARAH PANTURA, BREBES – Penjabat (PJ) Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar menyerahkan bantuan sarana dan prasarana bidang perikanan dan premi asuransi nelayan, kepada kelompok dan paguyuban nelayan di Kabupaten Brebes.

Digelontorkannya bantuan, untuk meningkatkan kemakmuran dan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Brebes. Bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah dan Baznas Provinsi Jawa Tengah itu diserahkan Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar,.di Desa Dumeling Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes, pada Rabu (15/05/24) lalu

Iwanuddin mengatakan, bantuan sarpras perikanan bertujuan untuk memulihkan ekonomi kelompok nelayan, mengurangi beban pengeluaran, memenuhi kecukupan gizi keluarga khususnya protein hewani, serta peningkatan pendapatan pelaku usaha sektor kelautan dan perikanan.

“Kita semua harus turun tangan mengenai persoalan Masyarakat, bahu membahu untuk saling bergotong royong, tolong menolong demi kesejahteraan Bersama,” kata Iwan.

Sementara Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Brebes Zuhdan Fanani menjelaskan, paket bantuan yang diserahkan berupa paket budidaya Ikan Lele dalam kolam terpal bulat untuk kelompok pembudidaya ikan (pokdakan).

Kemudian bantuan peralatan petambak garam berupa geoisolator untuk kelompok usaha garam rakyat (kugar dan juga hibah uang untuk peralatan perawatan kapal perikanan bagi kelompok usaha bersama (kub), premi asuransi nelayan, paket gemarikan dan santunan anak yatim/piatu.

Bantuan tersebut diserahkan kepada Pokdakan Berkah Jaya Desa Kecipir, Kec. Losari berupa kolam terpal 8 unit. bibit ikan Lele 10.000 ekor dan pakan ikan 1.030 kg. Kugar Risqy Jaya Desa Krakahan, Kecamatan Tanjung berupa Geomembran 10 roll.

Kemudian Kugar Karya Bersama Desa Limbangan, Kecamatan Losari Geomembran 11 roll, paket Gemarikan di Desa Dumeling 100 paket gemarikan untuk 100 orang. KUB Paguyuban Batur Pesisir Desa Kaliwlingi perahu 4 gt. KUB Bawal Hitam Desa Kaliwlingi perahu 4 gt.

BACA JUGA :  Pasar Losari dan Pos Lantas Cisanggarung Brebes Terbakar

Selain bantuan sarpras perikanan, juga penyerahan asuransi nelayan kepada 150 orang nelayan di kabupaten brebes, 100 paket gemarikan untuk 100 orang dan santunan anak yatim/piatu untuk 40 orang.

“Bantuan perikanan ini semoga dapat membantu nelayan, pembudidaya ikan, petambak garam serta masyarakat Brebes dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dan meningkatkan pendapatannya serta kesejahteraannya,” pungkas Zuhdan.

Turut hadir Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah, Asisten 2 Sekda Brebes, Kepala Baperlitbangda Brebes, Kepala DP3KB Brebes, Kepala Dinas Sosial Brebes, Kepala Dinkominfotik Brebes, Camat Wanasari, dan Kepala Desa Dumeling.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *