Pemkab Brebes Tetap Jamin Kesehatan Masyarakat Miskin

Kepala Dinkes Brebes Ineke Sulistyawati. / ist

ARAH PANTURA, BREBES – Menanggapi ramainya pemberitaan soal penonaktifan 58 ribu peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) segmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) Pemerintah Daerah (Pemkab) Brebes Per 1 November 2023 lalu.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Brebes Ineke Sulistyawati mengatakan, bahwa Pemkab Brebes memastikan tetap berkomitmen kuat dalam memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Brebes, khususnya bagi masyarakat tidak mampu.

“Kami Pemkab Brebes tetap berkomitmen memberikan layanan kesehatan pada masyarakat di Kabupaten Brebes, khusunya masyarakat dari kalangan kurang mampu,” kata Ineke, Jumat (12/04/24) siang kepada awak media.

Kadinkes mengungkapkan,
salah satu komitmen dilakukan Pemkab Brebes, salah satunya dengan d penambahan alokasi kepesertaan PBPU Pemda dari tahun ke tahun secara bertahap.

“Kepesertaan JKN di Kabupaten Brebes telah mencapai lebih dari 95% pada Desember 2022, sehingga berhak menyandang status Universal Health Coverage (UHC),” ungkap Ineke.

Dengan status UHC, Ineke menambahkan Pemkab Brebes mendapatkan keistimewaan skema non cut off.

Status tersebut memberikan kemudahan bagi masyarakat yang sedang membutuhkan pelayanan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, dapat dialihkan menjadi peserta aktif PBPU Pemda.

“Pengalihan tersebut di hari yang sama dengan hari pengusulan, tanpa harus menunggu 14 hari,” jelas Ineke.

Selanjutnya, pada 2023 lalu Pemkab Brebes juga telah menganggarkan sebesar Rp41.548.044.640,- untuk pembiayaan iuran JKN.

Sedangkan 2024, Pemerintah Kabupaten Brebes telah menambah alokasi anggaran untuk pembiayaan iuran JKN menjadi Rp47.966.248.888,-.

“Per 1 Januari 2024 capaian UHC Kabupaten Brebes telah mencapai 101,08% sehingga Pemerintah Kabupaten Brebes masih mendapatkan keistimewaan skema non cut off,” ujar Ineke.

BACA JUGA :  Target Kelar 2023, Ini Progres Rehabilitasi Daerah Irigasi Kembang di Sirampog - Brebes

Sementara soal Peserta PBPU Pemda yang dinonaktifakan dan sedang membutuhkan pelayanan kesehatan dapat diaktifkan kembali melalui skema UHC non cut off ini.

“Kami optimis bahwa dengan dukungan dan komitmen semua pihak, program JKN di Kabupaten Brebes dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang optimal untuk masyarakat Brebes,” pungkasnya.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *