Pemprov Jabar Dukung Kemandirian Pesantren

ARAHPANTURA, CIREBON – Pesantren dalam era pandemi Covid-19 dan juga globalisasi ini, diharapkan tidak hanya mengandalkan pendapatan dari segi pendidikan saja. Namun demikian, Pesantren diharapkan bisa memunculkan sumber pendapatan baru yang melibatkan para santri.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum secara resmi setelah meresmikan Program Kewirausahaan Budidaya Ikan yang terdapat di Pondok Pesantren Ihya Ulumuddin, Kota Cirebon, Sabtu kemarin.

Menurut Uu, peresmian program kewirausahaan budidaya ikan tersebut merupakan salah satu contoh upaya dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat untuk meningkatkan pendapatan dari pesantren tersebut dan juga membuat kemandirian di pesantren.

“Ini luar biasa. Kota Cirebon sudah meresmikan program OPOP dalam bidang perikanan bioflok, sangat luar biasa. Kami harapkan agar bisa menjadi sumber pendapatan baru,” ujar Uu Ruzhanul Ulum.

Baca Juga:  Masih Banyak Penghalang, Kapan Jalur Sepeda Bisa Ramah?

Selain itu juga, Pemprov Jawa Barat terus menerus konsisten menjalankan OPOP untuk menjadikan pesantren sebagai basis pergerakan ekonomi masyarakat.

Menurutnya, agama tidak akan tegak jika tidak ditunjang ekonomi. “Kami berusaha untuk meningkatkan ekonomi pondok pesantren lewat OPOP-nya,”kata Uu.

Wagub Jabar tersebut, berharap program OPOP dapat menstimulus pesantren tidak saja bergerak dalam dunia pendidikan tapi juga agar kreatif dan inovatif dalam ekonomi. Sehingga dari sini pesantren dapat mandiri.

“Mudah mudahan program ini bisa bermanfaat bagi pondok pesantren. Efek dominonya akan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar, daya beli masyarakat itu sendiri,” tutupnya.

Baca Juga: Bencana Tanah Longsor di Tegal, Rumah Warga Tertimpa Batu

Sekedar informasi, bahwa Pesantren Ihya Ululudddin merupakan salah satu pemenang program One Pesantren One Product (OPOP) yang jadi program unggulan Pemda Provinsi Jabar.

Program wirausaha pesantren ini sudah berbasis peternakan ikan lele, nila, patin, dan banyak lagi jenis lainnya.

Dasar penerapan Biofok sendiri adalah penerapan teknologi dengan rekayasa lingkungan yang mengandalkan pasokan oksigen. Serta, memanfaatkan mikroorganisme yang secara langsung dapat meningkatkan nilai jual pakan.*

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *