Penantian Miliki Jembatan Sejak Puluhan Tahun Terwujud, Ini Yang Dikatakan Bupati Brebes

Bupati Brebes, Idza Priyanti, meresmikan jembatan di Desa Pengaradan Kecamatan Tanjung. /Ist

ARAH PANTURA, BREBES – Bupati Brebes Idza Priyanti, Kamis (13/1) pagi meresmikan Jembatan Kabuyutan di Desa Pengaradan, Kecamatan Tanjung. Jembatan penghubung antar pedukuhan, khususnya warga yang ada di Dusun Kramat Sari dan Dusun Karang Mangu.

Salah satu tokoh masyarakat Desa Pengaradan, Ananto Sutrisno (49), mengakui, jembatan baru yang telah diresmikan Bupati Brebes, sebenarnya telah dinantikan warga sejak puluhan tahun silam.

“Masyarakat disini sudah menunggu memiliki jembatan penyeberangan sejak puluhan tahun lalu. Karena itu akses satu-satunya terdekat, khususnya di dua pedukuhan menuju Kantor Balai Desa,” ujarnya

Tidak hanya itu, warga di Dusun Karang Mangu dan Kramat Sari, memimpikan jembatan itu karena lebih efektif jarak tempuhnya menuju ke pasar maupun sebagai akses pertanian dan untuk menjual hasil tambak.

“Warga merasa lebih cepat menuju pasar, atau sebagai akses pertanian dan akses menjual hasil tambak. Makanya kami atas nama tokoh dan masyarakat Desa Pengaradan mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Brebes yang telah membangun jembatan tersebut,” bebernya.

Sementara Bupati Brebes, Idza Priyanti, saat diwawancarai media, menyebut peresmian jembatan sebagai kado ulang tahun hari jadi Kabupaten Brebes yang ke 344 tahun

“Jembatan ini akan lebih memantapkan kestabilan sarana dan prasarana lalu lintas di desa setempat. Sehingga, masyarakat bisa lebih semangat lagi dalam bekerja,” ucap Bupati Brebes Idza Priyanti.

Baca juga: Sepeda Motor Hanyut Terbawa Arus, 8 Mobil Sempat Terjebak Longsor di Salem

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Brebes Sutaryono mengatakan, pembangunan jembatan yang ada di Desa Pengaradan ini melalui beberapa tahap. Mulai dari 2017 lalu yakni dianggarkan Rp1,7 miliar, 2019 sebesar Rp3 miliar dan 2021 sebesar Rp1,5 miliar.

BACA JUGA :  Keluarga Korban Minta Pelaku Pembacokan Pelajar Dihukum Setimpal, Ibunya Shock Berat

“Dengan total anggaran sebesar Rp6,2 miliar ini akhirnya jembatan ini bisa selesai dibangun dan tadi sudah diresmikan oleh Ibu Bupati,” ujarnya.

Dirinya berpesan kepada masyarakat untuk tetap menjaga keawetan jembatan tersebut. Terutama, menjaga besi yang ada di jembatan tersebut agar tidak mudah kropos.

“Jembatan ini milik bersama, untuk keawetan jembatan ini saya harap masyarakat bisa menjaganya dengan baik. Sehingga, usia jembatan bisa lama untuk digunakan,” pungkas Kepala DPU Brebes, Sutaryono.***

Baca juga: Razia, Petugas Lapas Brebes Temukan Barang Ini Di Kamar Warga Binaan

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.