Pengunjung Membludak, Jalur Wisata Guci Macet

Antrian panjang kendaraan yang akan masuk wisata Guci Kabupaten Tegal, /Arah Pantura

ARAH PANTURA, TEGAL – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), ribuan wisatawan Obyek Wisata (OW) Guci, membludak memadati obyek wisata alam yang ada di Kabupaten Tegal, pada Minggu (19/12) pagi hingga petang.

Akibatnya, Jalur Wisata itu macet, nampak antrean kendaraan wisatawan mengular panjang. Hasil pantauan Minggu sore, kemacetan sepanjang 2 kilometer terjadi akibat banyaknya kendaraan besar seperti bus pariwisata yang keluar masuk wisata Guci.

Petugas loket wisata Guci, Muhammad Subekhi, mengatakan pengelola obyek wisata Guci sebenarnya telah memberlakukan pembatasan kendaraan keluar masuk.

“Pihak pengelola wisata Guci telah membatasi jumlah pengunjung yang masuk karena masih dalam masa pandemi covid-19, termasuk kendaraan yang masuk dengan menghitung jumlah pengunjung yang dibatasi 6000 orang atau 50 prosen dari kapasitas wisata Guci, ” jelas petugas wisata Guci ini.

Baca juga: Wisata Pantai Di Kota Tegal Ini, Pengunjung Bisa Bayar Non Tunai

Soal meningkatnya jumlah wisatawan, petugas pengelola wisata Guci itu menjelaskan faktor utama yakni dimulainya libur panjang anak sekolah.

“Akhir pekan ini anak-anak sekolah sudah mulai liburan panjang. Kondisi ini ditambah karena pada libur sebelumnya banyak wisata yang ditutup karena adanya pandemi dan pemberlakuan PPKM,” tegas petugas pengelola wisata Guci itu.

Meningkatkannya pengunjung, disambut pelaku usaha disana. Apalagi pemerintah telah membatalkan PPKM level 3 pada libur akhir tahun.

Ketua pelaku usaha wisata Guci, Sofan, mengaku merasa senang dengan pengunjung yang mulai ramai seperti dulu lagi. Tidak hanya berpengaruh pada pedagang, namun hunian seperti villa, homestay dan hotel juga sudah mulai meningkat.

‘Dampak meningkatnya wisatawan, berpengaruh pada sektor usaha, seperti penghuni penginapan yang ada mulai mengalami peningkatan,” ujarnya

Pelaku usaha di wisata Guci memperkirakan pengunjung akan semakin meningkat hingga tahun baru mendatang.

“Diperkirakan dengan mulai libur panjang akhir tahun, pengunjung akan semakin terus meningkat, dan diperkirakan akan mencapai puncaknya pada tahun baru 2022 mendatang,” pungkasnya.***

Baca juga: Satnarkoba Polres Brebes Berhasil Ungkap 42 Kasus Selama Tahun 2021

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *