Pensiunan ASN Dituntut Berwirausaha Kreatif, Ini Tips dari Anggota Komisi XI DPR RI H. Satori

ARAHPANTURA, CIREBON – Anggota Komisi XI DPR RI, H. Satori, S.Pd.I., M.M., menghimbau kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah pemerintahan daerah Kabupaten Cirebon, untuk berwirausaha mandiri setelah memasuki usia pensiun nanti. Himbauan itu disampaikan H. Satori saat menyampaikan sambutan dalam acara Sosialisasi kewirausahaan ketaspenan dan layanan bank mandiri Taspen kepada ASN BUP di wilayah Kabupaten Cirebon, yang diselenggarakan di Hotel Apita, Rabu (10/11).

H. Satori mengatakan, ASN pasti akan memasuki masa pensiun, oleh karena itu perlu berwirausaha mandiri dengan perencanaan dan perhitungan yang matang, untuk menunjang kebutuhan hidup. Sehingga, tidak bergantung pada dana pensiun yang didapat setiap bulannya.

“Setelah memasuki pensiun ASN sebaiknya berwirausaha, tapi perlu perhitungan yang matang, terkait modal, pemasukan, hingga pengeluaran. Banyak usaha yang bisa dijalankan, seperti ternak lele atau usaha ringan lainnya,” ujarnya di depan para ASN.

Baca Juga: Kantor Yakult Dirampok Pelaku Gasak Rp15 juta, Begini Kronologisnya

Ia juga menambahkan, dalam berwirausaha juga perlu dilakukan secara berkelompok, sehingga memudahkan segala aktifitas yang dilakukan. Pihaknya siap untuk mendukung kegiatan wirausaha para pensiunan dengan program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang digulirkan mitra kerjanya.

“Untuk mendukung kegiatan wirausaha, saya akan membantu memfasilitasi kelompok usaha dengan mitra kerja Komisi XI DPR RI melalui program umkm dan CSR yang digulirkan,” ungkapnya.

H. Satori juga berharap, para ASN yang memasuki masa pensiun untuk tidak berkecil hati, karena masih banyak peluang usaha yang bisa dilakukan untuk menunjang ekonomi keluarga. Dipastikan, akan banyak manfaat yang dirasakan dengan berwirausaha. Karena, banyak pihak yang akan membantu usaha yang dilakukan.

Kegiatan Sosialisasi kewirausahaan ketaspenan dan layanan bank mandiri Taspen kepada ASN BUP di wilayah Kabupaten Cirebon ini diselenggarakan oleh BKPSDM Kabupaten Cirebon, Mandiri Taspen, OJK, BUMN, dan Taspen.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *