Perajin Chrome Perhiasan Kembali Banjir Order

ARAHPANTURA, CIREBON – Selama masa pandemi covid-19, dengan sejumlah pemberlakuan aturan oleh pemerintah, berdampak pada usaha para perajin chrome perhiasan di kawasan Lemahwungkuk Kota Cirebon. Dengan kondisi saat ini Kota Cirebon masuk PPKM Level 2 dan pelonggaran aktifitas masyarakat, bisnis chrome perhiasan kembali meningkat.

Salah seorang perajin, Maskani mengatakan, meningkatnya jumlah pelanggan sudah terjadi satu bulan ini, saat Kota Cirebon masuk PPKM Level 2. Saat banyak penyekatan dan pemberlakuan ganjil genap, jumlah pelanggan menurun drastis.

“Dulu satu hari paling bisa mengerjakan 10 (sepuluh) hingga 15 (lima belas) orderan saja. Tapi saat ini Alhamdulillah, selama sebulan ini sudah lebih dari 20 (dua puluh) orderan yang masuk per hari,” ujarnya.

Pengerjaan chrome perhiasan di lapak Maskani ini cukup terbilang ramai. Pasalnya hanya ada dua perajin saja, selebihnya pedagang batu akik dan emban perak. Mereka saling suport untuk mendukung bisnisnya. Pelanggan yang datang, bisa memesan corak dan jenis sesuai keinginan.

Baca Juga: ELLEQUINN Manjakan Wanita Dengan Perawatan Istimewa

Meski terlihat sederhana, bisnis chrome perhiasan ini membutuhkan modal yang cukup besar. Tidak hanya peralatan mesin poles, tapi juga banyak komponen lainnya yang harus disediakan seperti cairan senyawa untuk merubah beragam warna. Harganya pun fantastis hingga mencapai 50 juta rupiah.

“Cairan senyawa yang bagus harganya cukup mahal, sebelumnya bisa 60 juta an, sekarang sekitar 50 juta an. Tapi kami sekarang menggunakan senyawa yang biasa, tapi ya tetap harganta mencapai jutaan rupiah,” ucapnya.

Ditambahkannya, kondisi saat ini tetap harus disyukuri. Kebutuhan keluarga harus terpenuhi untuk sehari-hari. Sehingga, berapa pun usaha yang didapat, yang terpenting dapat memberikan manfaat untuk keluarga.

“Yang penting saat ini, ada pemasukan untuk beli beras,” ujarnya.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *