Perekrutan Guru P3K Tahap 2 Ditunda, Disebabkan Ini

ARAH PANTURA, BREBES – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Brebes, menyatakan jika
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, kembali telah mengajukan permohonan penundaan perekrutan guru. Sebab, banyaknya permasalahan pada hasil seleksi kompetensi sebenarnya di tahap I Pekerja Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Jabatan Fungsional Guru (P3K) tersebut. Hingga kini, masih dalam proses verifikasi dan evaluasi secara menyeluruh dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Guru dan Tenaga Kependidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes Sutrisno (09/11) menjelaskan, berdasarkan surat resmi dari Kemendikbud Ristek tertanggal 2 November lalu. Pihaknya membenarkan, adanya penundaan pemilihan formasi dan seleksi kompetensi tahap II. Bahkan, surat tersebut telah dilayangkan Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Iwan Syahril selaku Ketua Panitia Seleksi Nasional P3K Formasi Guru.

“Mengacu Surat permohonan penundaan rekrutmen P3K Jabatan Fungsional Guru. Tahap II masih harus ditunda, kapan kelanjutannya masih menunggu informasi dari pusat,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Dindikpora Brebes, Sutrisno saat dikonfirmasi.

Sementara hasil penjaringan Tahap I, lanjut Kepala Dindikpora Brebes itu, pihaknya masih menunggu konfirmasi resmi data base resmi. Sebab, kewenangan Panselnas sepenuhnya ditangani Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Ristek.

“Makanya pihaknya masih menunggu proses evaluasi dan verifikasi secara menyeluruh, sehingga belum bisa mengambil langkah terkait kelanjutan Seleksi P3K Jabatan Fungsional Guru, ” jelas Kepala Dindikpora Brebes.

Sementara itu, Kabid Ketenagaan Dindikpora Brebes, Riyanto menambahkan, jika total formasi guru ahli pertama dalam perekrutan P3K Tahun 2021 di Kabupaten Brebes membuka 4.111 guru. Formasi tersebut, terbagi menjadi spesifikasi 13 guru bidang dengan jumlah yang sudah dinyatakan lolos sebanyak 1.737 formasi. Yakni, 153 Guru Bahasa Indonesia, 44 formasi Guru Bahasa Inggris, dan 153 Guru Bimbingan Konseling.

“Selanjutnya, Guru IPA sebanyak 70 orang, 80 formasi guru IPS, 2.547 Guru Kelas dan 84 Guru Matematika. Sisanya, akan ditutup dari perekrutan P3K Guru Tahap II,” ungkapnya.**

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *