Peringatan Sumpah Pemuda ke-93, Pemkot Cirebon Bagikan Ribuan Sembako

ARAHPANTURA, CIREBON – Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 di Kota Cirebon dilaksanakan dengan menggelar upacara sekaligus bakti sosial, Kamis (28/10), di lapangan upacara Balai Kota Cirebon yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs. H. Agus Mulyadi, M.Si., mewakili Wali Kota Cirebon. Hadir pula dalam kesempatan itu, Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati, Ketua DPRD Kota Cirebon, Hj. Affiati, S.Pd.AUD., Kapolres Cirebon Kota, AKBP. M. Fahri Siregar, dan sejumlah pejabat lainnya.

Usai melaksanakan upacara, Pemkot membagikan dua ribu paket peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 ini. Peringatan Sumpah Pemuda menjadi momen untuk memperkuat persatuan untuk bangkit dari masa pandemi Covid-19.

“Kita hari ini memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93,” tutur Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, S.H., dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekda Kota Cirebon, Drs. H. Agus Mulyadi, M.Si.

Peringatan sumpah pemuda tahun ini terasa lebih bermakna karena dibarengi dengan kegiatan bakti sosial. Sebanyak dua ribu paket sembako disiapkan untuk masyarakat kurang mampu.

Baca Juga: Eti Herawati Dipastikan Maju Pilkada 2024, Ini Alasan Partai NasDem

Ribuan paket sembako tersebut tersedia berkat sinergitas antara TNI, Polri, Pemda Kota Cirebon, ormas serta mahasiswa. Sinergitas ini menunjukkan persatuan dan kebersamaan untuk membantu warga yang kurang mampu.

“Kegiatan ini sangat relevan dengan tema hari Sumpah Pemuda ke-93 tahun ini, yaitu bersatu, bangkit dan tumbuh,” kata Agus.

Tema tersebut selain menegaskan kembali komitmen dan ikrar yang telah dibangun oleh para pemuda pada 1928 silam, tema ini juga mengandung makna agar semua elemen bangsa bersatu untuk bangkit dari keterpurukan. “Pandemi Covid-19 berdampak ke semua bidang, tidak hanya kesehatan,” ujarnya.

Maka dari itu, semua elemen bangsa pada peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini diajak untuk bersama-sama melangkah maju menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Sementara itu, AKBP Fahri Siregar menjelaskan, paket sembako diberikan untuk kaum duafa, khususnya lansia yang duafa. “Tadi kita lihat, pembagiannya kita lakukan bersama-sama berkoordinasi dengan camat dan polsek,” ungkap Fahri.

Fahri juga bersyukur semangat persatuan, kekeluargaan dan gotong royong ditunjukkan oleh semua elemen di Kota Cirebon dalam kegiatan bakti sosial ini.

Sebelumnya, digelar puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 93 tingkat Kota Cirebon di lobby utama Gedung Sekretariat Daerah (Setda) Kota Cirebon. Pemotongan tumpeng dilakukan oleh Sekda Kota Cirebon, Drs. H. Agus Mulyadi, M.Si., disertai dengan penyerahan penghargaan dalam rangkaian kegiatan peringatan hari Sumpah Pemuda. Setelah itu dilanjutkan dengan mengikuti peringatan hari Sumpah Pemuda tingkat nasional secara virtual.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *