Pernyataan Junimart Girsang Tuai Polemik Hingga ke Daerah

BPPH MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Brebes mengeluarkan pernyataan sikap atas statmen Anggota DPR RI Junimart Girsang. /Arah Pantura

ARAH PANTURA, BREBES – Pernyataan Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang yang menyebut terkait pembubaran organisasi masyarakat (ormas) yang kerap berbuat onar, menuai polemik hingga ke daerah.

Salah satunya oleh Organisasi Masyarakat (Ormas) Pemuda Pancasila di Kabupaten Brebes, yang memberikan respon dan sikapnya atas ucapan yang beberapa waktu lalu dilontarkan oleh Anggota Fraksi PDIP DPR RI itu.

Ketua Badan Penyuluhan dan Pembelaan Hukum (BPPH) MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Brebes, Herfaruk, Jumat (26/11) mengatakan jika BPPH MPC Brebes mengambil sikap yang sama seperti pernyataan sikap BPPH MPN Pemuda Pancasila pernyataan Junimart Girsang.

“Kami sangat menyesalkan atas sikap dan tindakan Junimart Girsang, yang telah melukai dan mencederai demokrasi yang dibangun bangsa Indonesia. Yang disayangkan lagi kapasitas Junimart Girsang sebagai wakil rakyat, beliau dinilai telah melanggar norma-norma dan etika dengan memberikan statmen yang berpotensi membelah persatuan dan kesatuan bangsa,” jelas Ketua BPPH MPC Pemuda Pancasila Brebes.

Ketua BPPH MPC Pemuda Pancasila Brebes ini juga menambahkan jika yang perlu dipahami oleh Junimart Girsang, bahwa organisasi masyarakat (Ormas) apabila ada anggota ormas yang melakukan pelanggaran hukum, maka yang berlaku adalah individual.

“Jika ada yang melanggar hukum, bukan berarti gebyah Uyah (garam) apalagi sampai harus membubarkan wadahnya,” kata Ketua BPPH MPC Pemuda Pancasila Brebes.

Pemuda Pancasila Brebes mengambil sikap tegas mendukung langkah yang telah dilakukan oleh pengurus Pemuda Pancasila Nasional. Pernyataan yang telah menyinggung organisasi Pemuda Pancasila Indonesia, membuat pengurus di berbagai daerah mengambil sikap.

Jika tidak ada pernyataan maaf dari Junimart Girsang, maka atas nama BPPH Pemuda Pancasila Brebes akan mendukung sepenuhnya langkah-langkah yang diambil oleh BPPH Nasional yang akan menuntut secara hukum Junimart Girsang. Pihaknya juga meminta Ketua DPR RI dan MPR RI untuk mendukung langkah tersebut.

“Jika tidak ada pernyataan maaf dari Junimart Girsang kami akan mendukung BPPH Pemuda Pancasila Nasional yang akan mengambil langkah hukum,” tegas Ketua BPPH Pemuda Pancasila Brebes, Herfaruk.

Baca juga: Pelaku Pembunuhan Istrinya di Tegal, Lakukan Bunuh Diri

Namun demikian, dari pemberitaan media massa, Junimart Girsang telah menyatakan permintaan maaf atas pernyataan dirinya yang menyinggung massa organisasi masyarakat (ormas) Pemuda Pancasila beberapa waktu lalu.

“Namun demikian apabila saya dipersalahkan karena tanggapan itu, sebagai manusia beriman saya minta maaf kepada keluarga PP,” kata Junimart kepada wartawan, Kamis (25/11) kemarin dikutip dari kompas.com.

Menurut Junimart Girsang, keluarga besar PP tidak membaca pernyataan dirinya secara utuh yang meminta ormas ditertibkan oleh Kemendagri. “Karena tidak ada stetment saya yang menyatakan agar Kemendagri membubarkan PP sebagai ormas berskala nasional.

Sementara Ketua MPC Pemuda Pancasila Brebes, Wahyudin Noeraly mengatakan jika pernyataan sikap lembaga hukumnya itu diambil untuk mencegah adanya desakan elemen-elemen Pemuda Pancasila di Kabupaten Brebes untuk melakukan aksi unjuk rasa.

“Pernyataan sikap BPPH MPC Pemuda Pancasila dilakukan pernyataan resmi MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Brebes atas statmen Junimart Girsang. Pemuda Pancasila ingin tetap menjaga kondusifitas di Kabupaten Brebes,” terang Ketua MPC Pemuda Pancasila Brebes itu

Ketua MPC Pemuda Pancasila Brebes Wahyudin Noeraly juga menyesalkan tindakan kekerasan terhadap seorang perwira polisi yang tengah mengamankan jalannya aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR RI, pada Kamis (25/11) kemarin.

“Kami juga menyayangkan adanya oknum yang telah melakukan penganiayaan terhadap seorang perwira polisi Polda Metro Jaya, saat aksi unjuk rasa kemarin.,” Pungkas Ketua MPC Pemuda Pancasila Brebes Wahyudin Noeraly.***

Baca juga: Beberapa Jembatan di Kec. Tonjong Terputus,  Ada Faktor Pemicunya

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *