Pertamina Patra Niaga Pastikan Stok Avtur Aman Guna Dukung Pemberangkatan Haji 2024

ARAH PANTURA, Jakarta – Embarkasi jemaah haji Indonesia tahun 1445 Hijriah dimulai tanggal 12 Mei 2024, sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Dalam mendukung kelancaran ibadah haji ke tanah suci, Pertamina Patra Niaga menjamin ketersedian dan kelancaran stok Avtur di Aviation Fuel Terminal (AFT) di wilayah Regional Jawa Bagian Barat (JBB) untuk embarkasi dan debarkasi dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandar Udara Internasional Jawa Barat Kertajati.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan mengatakan Aviation Fuel Terminal di wilayah Regional JBB memiliki sarana dan fasilitas yang handal, serta persediaan Avtur yang cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan maskapai penerbangan haji tahun 2024.

“Di tahun 2024 diperkirakan akan ada kenaikan kebutuhan Avtur untuk penerbangan haji di wilayah Regional JBB bila dibandingkan dengan tahun 2023 sebesar 43%. Hal ini disebabkan pada tahun ini, ada penerbangan haji langsung dari Bandara Kertajati dimana tahun lalu merupakan tempat transit penerbangan haji Bandara Kualanamu,” ujar Eko dalam keterangannya, Senin (13/5/2024).

Kebutuhan Avtur untuk penerbangan haji tahun 2024, kata Eko, diperkirakan akan naik sebesar 5.548 KL atau 26% di Bandara Soekarno-Hatta dan sebesar 4.204 KL atau 234% di Bandara Kertajati bila dibandingkan tahun 2023.

“Pertamina Patra Niaga Regional JBB berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan Avtur penerbangan haji tahun 2024 agar ibadah yang akan dilaksanakan jemaah Indonesia dapat berjalan dengan lancar dan menjadi haji yang mabrur,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Haji Tahun 2024, Bandara Kertajati Siap Terbangkan 13.000 Calon Jemaah

Sebelumnya, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan stok untuk 13 AFT bandara embarkasi dijamin aman. Saat ini ketahanan stok nasional Avtur juga diatas 22 hari, dan akan terus dijaga di atas level tersebut.

“Ketersediaan dan kesiapan stok selalu menjadi prioritas utama kami dalam menghadapi momen seperti ini. Setelah stok aman, kami akan memastikan proses distribusinya dilakukan dengan baik untuk mendukung kelancaran penerbangan Haji,” pungkasnya. (HSY)

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *