Petani di Brebes Mengaku Keberatan, Jika Pupuk Bersubsidi SP-36 dan ZA Dicabut

Petani keberatan rencana pencabutan subsidi oleh pemerintah. /Ist

ARAH PANTURA, BREBES — Petani bawang merah di Kabupaten Brebes mengaku keberatan adanya wacana penghapusan 3 jenis pupuk bersubsidi yang saat ini tengah di bahas oleh pusat.

Ketua Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI) Juwari menegaskan penolakan terkait wacana penghapusan subsidi pupuk organik, SP-36 dan ZA oleh pemerintah.

“Yang jelas kami (Petani Bawang Merah-Red) menolak wacana pencabutan subsidi jenis pupuk organik, SP-36 dan pupuk ZA yang tengah dibahas di pusat,” tegasnya, Jumat (18/3) pagi.

Pihaknya memang sudah mendengar terkait rencananya penghapusan tiga jenis pupuk bersubsidi tersebut. Sehingga, nantinya pupuk yang masih disubsidi hanya tinggal Urea dan NPK

“Pupuk jenis ZA ini masih dibutuhkan oleh para petani bawang merah. bila subsidi dicabut jelas akan membuat para petani bawang merah di Brebes resah, apalagi harga Pupuk ZA Non Subsidi saat ini harganya mahal,” ungkapnya.

Ditambahkannya, bawang merah itu merupakan komoditas penting yang selalu memicu inflasi. Dan harganya selalu naik turun. Dan apabila ini dicabut, beber Juwari, maka petani bawang merah akan lebih banyak mengeluarkan biaya produksi.

“Kalau ini jadi dicabut, biaya produksi jelas akan naik. Dan ini berdampak pada tingginya biaya produksi tanam. Jadi kita berharap, wacana itu tidak jadi,” harapnya.

Dani Bagus Purnama, pedagang pupuk non subsidi. /Arah Pantura

Dani Bagus Purnama, pedagang pupuk non subsidi. /Arah Pantura

Terpisah, salah seorang pedagang pupuk non subsidi di Brebes Dani Bagus Purnama (43) mengaku, saat ini harga pupuk ZA dan SP36 non subsidi sudah cukup tinggi. Bahkan, harga itu akan bertambah tinggi karena adanya dampak perang antara dua negara di Eropa.

BACA JUGA :  Miris ! Banjir Rob Sudah Sebulan, Belum Ada Tindakan Pemkab Brebes

“Harga pupuk ZA dan SP-36 bersubsidi jauh lebih murah ketimbang non subsidi. Jadi saya berharap, pupuk subsidi jenis ZA dan SP-36 tetap ada. Sehingga petani bawang metah di Brebes tetap mendapatkan pupuk dengan harga yang terjangkau,” pungkasnya.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.