Petugas BPBD Temukan Retakan Tanah di Atas Bukit Pascagempa Sirampog

ARAHPANTURA, BREBES- Petugas BPBD Kabupaten Brebes dibantu BPBD Provinsi Jateng menemukan adanya retakan tanah di atas bukit pascagempa bumi berkekuatan magnitudo 3 yang melanda Brebes Selatan, Selasa (28/9).

Diketahui retakan itu terjadi di sepanjang 150 meter di atas bukit yang dibawah merupakan permukiman warga.

Camat Sirampog, Lukman Hakim, menjelaskan jika pihaknya kini sedang berusaha menutup retakan tanah itu agar tidak longsor.

Permukiman warga yang terancam terkena longsoran tanah./ Arah Pantura

“Tanah yang diatas itu retak-retak, makanya petugas BPBD Brebes dan BPBD dari propinsi jateng kini sedang menuju lokasi untuk melakukan penutupan dengan urugan tanah.” ujar lukman ditemui Arah Pantura, Kamis (30/9).

BACA JUGA: Gempa Susulan Masih Terjadi, Warga Sirampog Dirikan Tenda

Lukman pun mengakui jika munculnya retakan ini sangat membahayakan warga yang berada di bawah bukit terutama jika turun hujan lebat.

“Hari-hari ini kan, kerap turun hujan maka khawatir jika tidak segera diperbaiki retakan tersebut, bisa menyebabkan terjadinya longsor”. tambahnya.

Sementara petugas BPBD kabupaten Brebes mengimbau kepada warga sekitar untuk waspada jika terjadi hujan deras, karena musibah longsor bisa saja terjadi.

“Tim BPBD kini memfokuskan terlebih dulu melakukan penanganan darurat dilokasi tersebut, warga juga dihimbau untuk waspada saat hujan turun dengan intensitas tinggi,” Kata Budi Sujatmiko, Koordinator Satgas BPBD Brebes.

BPBD Brebes pun kini sedang meminta bantuan kepada Kementerian ESDM guna mendatangkan alat Early Warning System EWS atau sirine darurat sebagai penanda bahaya jika terjadi longsor.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *