Petugas Vaksinator Piknik Dan Batalkan Vaksin di 6 Desa, Begini Penjelasan Kepala Puskesmas Tonjong

Puskesmas Tonjong, Kabupaten Brebes /ist

ARAH PANTURA, BREBES – Warga enam desa di Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, sedianya akan melaksanakan vaksin hari Senin (20/12) ini. Namun warga kecewa batal dilakukan divaksin gara gara petugas vaksinator tidak ada yang hadir karena sedang wisata di luar kota.

Camat Tonjong, Cecep Aji Suganda dikonfirmasi melalui sambungan telefon selulernya membenarkan soal ini. Cecep menerangkan, rencananya hari ini ada enam desa yang akan melaksanakan kegiatan vaksin, masing masing :Desa Linggapura, Desa Pepedan, Desa Purwodadi, Desa Negarayu, Desa Kalijurang dan Desa Galuhtimur.

Namun menurut Camat Tonjong, rencana kegiatan itu batal dikarenakan semua karyawan Puskesmas Tonjong termasuk vaksinator sedang tidak datang. Mereka tengah melaksanakan wisata ke Jogjakarta.

“Rencana hari ini enam desa di wilayah Kecamatan Tonjong yang akan vaksin. Tapi dibatalkan karena petugas dari puskesmas sedang wisata ke Jogjakarta,” ungkap Camat Tonjong.

Batalnya vaksinasi enam desa ini sangat disayangkan. Acara refreshing karyawan ini kata Camat Tonjong melanggar instruksi Bupati dalam percepatan vaksinasi.

“Sesuai instruksi Bupati Brebes, Kegiatan Percepatan vaksin dilaksanakan sampai dengan tanggal 24 Desember 2021 dan harus dilaksanakan setiap hari” tegas Camat Larangan.

Di samping tidak mengindahkan instruksi bupati, gagalnya vaksin ini membuat kecewa para perangkat desa. yang sudah bersusah payah menyiapkan segala suatunya, termasuk mengerahkan warga agar datang ke acara vaksin di balai desa.

“Yang jelas mereka tidak memberitahu akan pergi ke luar kota. Karena panitia dari desa sudah menyiapkan semuanya. Mereka juga sudah mengerahkan warga agar mau vaksin. Tapi setelah panitia siap, ternyata petugasnya tidak ada yang datang,” beber Camat Tonjong Cecep Aji Suganda.

Sementara Kepala Puskesmas Tonjong,
Sri Mulyani, mengatakan jika sebelumnya tidak ada konfirmasi akan adanya pelaksanaan vaksin ke pihak puskesmas.

“Sebelumnya tidak ada pemberitahuan ke kita jika 6 desa hari ini akan menggelar vaksin, kegiatan di Jogja piknik tidaklah benar, melainkan petugas tengah mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas kader kesehatan di Kebumen,” kata Kepala Puskesmas Tonjong.

Kepala Puskesmas juga menambahkan hanya beberapa petugas yang mengikuti kegiatan di Kebumen, selebihnya petugas lain melaksanakan kegiatan puskesmas, termasuk petugas hari ini melaksanakan vaksin di sejumlah tempat seperti di SMP Negeri 2 Tonjong, do Desa Tonjong dan Desa Kalijurang.

“Hanya beberapa petugas saja yang mengikuti kegiatan di Kebumen, selebihnya menjalankan tugas di puskesmas dan melaksanakan tugas vaksinator di sekolah dan desa-desa,” ungkap Kepala Puskesmas Tonjong Sri Mulyani.

Ditempat terpisah Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Brebes, Imam Budi Santoso mengakui dirinya sudah mendengar informasi batalnya vaksin ini.

“Tadi sudah dengar soal ini. Nanti akan kita ditindaklanjuti. Saya koordinasikan dulu,” tegas Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Brebes, Imam Budi Santoso.***

Baca juga: Dongkrak Penghasilan Dari Lahan Produktif, Nasdem Brebes Bagikan Seribu Bibit Kelengkeng

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *