Pilkades Serentak di 43 Desa di Brebes Diperkirakan Diundur

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Brebes, Subagiya /ist

ARAH PANTURA, BREBES – Jabatan Kepala desa (Kades) di 43 desa dari 17 kecamatan di Kabupaten Brebes, dalam waktu dekat akan habis masa jabatannya. Untuk itu Pemkab Brebes pun harus mempersiapkan penyelenggaraan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan digelar di tahun 2022 mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Kabupaten Brebes, Subagiya, kemarin mengatakan jika Pilkades serentak akan digelar di 43 Desa yang kebetulan masa tugas jabatan Kepala Desanya akan habis.

“Pilkades serentak gelombang III yang sebenarnya akan digelar pada bulan april mendatang, diperkirakan akan diundur, dikarenakan berbarengan dengan bulan suci Ramadhan,” ujar kepala Dinpermades tersebut

Kepala Dinpermades Brebes itu menambahkan jika nantinya diundur maka penyelenggaraan Pilkades serentak gelombang III di Kabupaten Brebes akan digelar pada bulan Mei atau terpaut satu bulan dari yang direncanakan semula.

“Jika jabatan Kepala Desa habis, maka untuk mengisi kekosongan tersebut, nantinya bukan diisi pejabat sementara (Pjs) yang biasanya oleh pegawai di Kantor Kecamatan. Namun rentan waktu yang pendek diperkirakan akan diserahkan kepada Sekretaris Desa (Sekdes) sebagai YMT atau yang melaksanakan tugas,” jelas Kepala Dinpermades Brebes, Subagiya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Brebes, Subagiya menjelaskan jika persiapan awal pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades), Pemkab Brebes telah menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 60 tahun 2021 tentang Pemilihan Kepala Desa Serentak. Dengan itu, Perbup tersebut sudah memperjelas bagaimana tahapan tahapan Pilkades tahap III tahun 2022 digelar.

“Poin dari Perbub Nomor 60 tahun 2021 memuat mekanisme, tata cara mengatur daripada Pilkades serentak yang akan dilaksanakan di tahun 2022 hampir sama dengan tata cara Pilkades sebelumnya. Hanya saja yang membedakan soal pembiayaannya,” jelas Kepala Dinpermades Brebes tersebut.

Penyelenggaraan Pilkades serentak yang dilaksanakan masih dalam situasi pandemi Covid-19, tentunya ada hal hal tertentu yang harus dilakukan yakni diperlukannya alat pelindung diri (APD) dan penerapan protokol kesehatan.

“Untuk memahami dari isi Perbup tentang Pilkades serentak tahun 2022. Pemkab Brebes sudah mulai melakukan sosialisasi kepada pihak Kecamatan dan Kepala Desa, serta dengan pihak Badan Pemusyawaratan Desa (BPD),”pungkas Kepala Dinpermades Brebes.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *