PMI Kota Cirebon Punya Gedung Baru, Sinergitas Pemda dan Relawan

ARAHPANTURA, CIREBON, — Gedung PMI Kota Cirebon akhirnya selesai dibangun dan diresmikan. Biaya pembangunan gedung ini berasal dari swadaya masyarakat.

Pembangunan gedung ini dimulai sejak peletakan batu pertama pada November 2020 dan diresmjkan Oktober 2021. Hampir genap satu tahun gedung tersebut dibangun, awalnya target penyelesaian gedung ini di Bulan Juli 2021 namun ternyata meleset.

Selama gedung dibangun, Ketua PMI Kota Cirebon, dr. Edial Sanif, mengaku banyak rintangan yang dilalui. Ia bersama relawan bahu membahu mencari donatur agar gedung ini bisa selesai dibangun.

Meski ia sempat dinyatakan terkonfirmasi Covid-19, pembangunan gedung tidak pernah dihentikan. Keterlambatan penyelesaian kata Edial, sebab donasi yang dikumpulkan belum mencukupi.

“PMI dan pemerintah adalah mitra strategi, Pelaksana kepalang merahan adalah tugas pemerintah dan PMI, tapi pemerintah harus lebih dulu baru berkoordinasi dengan PMI,” ujarnya

Baca Juga: Nenek Carikem Tersesat di Hutan, Begini Kondisinya Saat Ditemukan

Dikatakan dr. Edial, dalam pembangunan gedung ia tidak melupakan semangat para relawan, menurutnya relawan merupakan ujung tombak PMI Kota Cirebon.

“Jatuh bangun, dan bangun lagi, dan beridiri mudah-mudahan berdiri terus. saya tidak bisa bekerja sendiri, relawan adalah ujung tombak organisasi kita,” katanya.

Gedung PMI Kota Cirebon diresmikan langsung oleh Ketua PMI Pusat, Ketua PMI Jawa Barat, Wakil Wali Kota Cirebon dan Ketua DPRD Kota Cirebon.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Cirebon, Eti Herawati, mewakili Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis menyampaikan sambutan tertulis, tentang pembangunan gedung baru PMI Kota Cirebon adalah bentuk respon akan penambahan sarana prasarana bagi masyarakat.

“Terimakasih dukungan dari berbagai pihak, termasuk dari PMI Pusat dan PMI Jawa Barat, Telah menyediakan alat yang dibutuhkan dan lain-lain, semoga PMI terus bisa memberikan ketersediaan darah di Kota Cirebon dan sekitarnya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua PMI Pusat, Sudirman Said, merasa haru terhadap sinergitas PMI dengan pemerintah terjalin dengan baik.

“Pembangunan gedung ini membuktikan tentang UUD nomer 1 tahun 2018 soal pelaksanaan kegiatan kepalang merahan PMI dan pemerintah harus terus bermitra, bangunan ini adalah wujud kemitraan tersebut, semoga gedung ini bisa menjadi one stop Shopping semua layanan, dan bisa jadi contoh untuk wilayah lain,” tambahnya.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *