Pria Dipasung Puluhan Tahun Akhirnya Dirujuk Dinsos Brebes Ke Rumah Sakit

Petugas Dinsos Brebes, Adi Sukarno membawa warga yang dipasung sejak puluhan tahun silam ke rumah sakit. /Arah Pantura
ARAH PANTURA, BREBES –  Ahmad Rifai (52), warga Desa Kedunguter Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes, yang sudah puluhan tahun silam, harus terpasung akibat dirantai pada kakinya karena kerap mengamuk setelah menderita gangguan kejiwaannya.
Oleh Dinas Sosial Kabupaten Brebes akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit dr. Soesilo Slawi untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan dari tim medis dokter syaraf, Selasa (30/11) sore.
Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Brebes, Slamet Gembira, Selasa (30/11) malam, mengatakan jika yang bersangkutan telah dibawa untuk dirujuk di Rumah Sakit dr. Soesilo Slawi.
“Yang bersangkutan oleh staf kami saudara Adi Sukarno, dirujuk ke Rumah Sakit di Slawi. Kami berharap dengan penanganan tim medis dan dokter syaraf yang bersangkutan bisa kembali pulih sediakala,” ujar Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Brebes.
Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Brebes ini juga meminta kepada pihak Desa maupun masyarakat untuk segera melaporkan jika ada warga disekitar yang mengalami orang dalam gangguan jiwa (ODGJ). Termasuk pihak desa bisa mengurus berkas dokumen persyaratan seperti dokumen KK, KTP, BPJS dan lain sebagainya.
“Kami minta jangan sampai kejadian ini terulang kembali ada warga yang dipasung sudah lama baru diketahui kami. Kami justru mengetahui setelah adanya pemberitaan di media. Untuk itu pihak desa maupun masyarakat bisa melaporkannya. Termasuk desa untuk bisa membantu warganya dengan melengkapi kelengkapan berkas persyaratan,” tegas Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Brebes ini.
Apalagi menurutnya, persoalan ODGJ bukan hanya persoalan dan tanggung jawab negara semata. Namun menjadi tanggung jawab bersama termasuk masyarakat sekitar.***
Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *