Produksi Sampah di Brebes 954 Ton Per Hari, Yang Tertampung Hanya 170 Ton.

ARAH PANTURA, BREBES – Persoalan sampah hampir seluruhnya terjadi di berbagai daerah. Salah satunya di Kabupaten Brebes yang setiap hari produksi sampahnya mencapai 954 Ton. Akan tetapi sampah- sampah yang baru bisa tertangani baru sekitar per 170 Ton per hari.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Brebes, La Ode Vindar Nugroho, Senin (29/11) pagi mengakui jika persoalan sampah di Kabupaten Brebes belum sepenuhnya bisa tertampung dikarenakan berbagai faktor.
“Memang persoalan sampah di Kabupaten Brebes belum bisa tertampung kesemuanya, dikarenakan berbagai faktor,* ujar Kepala DLHPS Brebes ini.
Adapun faktor yang dimaksud, TPA di Kabupaten baru memiliki 2 Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yakni TPA Kalijurang di Kecamatan Tonjong dan TPA Kaliwlingi di Kecamatan Brebes. Layaknya dengan kondisi wilayah, Kabupaten Brebes idealnya memiliki 3 TPA.
“Faktor lainnya jumlah armada truk pengangkut sampah yang masih terbatas, di Kabupaten Brebes baru memiliki 25 armada truk, itupun 5 kondisinya sudah rusak.,” Tegas Kepala DLHPS Brebes.
Kepala DLHPS Brebes itu juga menjelaskan persoalan sampah bisa juga teratasi jika seluruh Desa yang ada di Kabupaten Brebes bisa mendirikan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST).
“Apalagi sesuai dengan Permendes terbaru, jika masing-masing desa bisa membangun TPST dengan menggunakan Dana Desa (DD) yaitu 4 Persen dari alokasi anggaran dana desa yang diterima,” pungkas Kepala DLHPS Brebes, La Ode Vindar Nugroho.***
Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *