PT. Tah Sung Hung, Pabrik Sepatu Olahraga di Brebes Disorot Soal Amdal Lalin

Soal Amdal Lalin, PT. Tah Sung Hung dipanggil Komisi III DPRD Brebes. /Arah Pantura

ARAH PANTURA, BREBES – PT. Tah Sung Hung, pemilik pabrik pembuat sepatu olahraga yang berada di Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes, dipanggil Komisi III DPRD Brebes, Selasa (21/12) siang.

Pemanggilan PT. Tah Sung Hung itu, sebagai tindak lanjut temuan Komisi III DPRD Brebes, beberapa lalu saat sidak di pabrik sepatu olahraga itu, yang menyoroti soal Analisa Dampak Lalu Lintas (Amdal Lalin) di lingkungan pabrik milik PT. Tah Sung Hung.

Ketua Komisi III DPRD Brebes, Achmad Mafrukhi, mengatakan, pemanggilan PT. Tah Sung Hung untuk menanyakan soal Amdal Lalin di lingkungan pabrik tersebut.

“Kami ingin menanyakan dari pihak pabrik agar mematuhi aturan Gubernur Jateng, terkait Amdal Lalin. Kami temukan ada dugaan ketidaksesuaian, sehingga harus diperbaiki. Meskipun sudah beroperasi, tapi saat ini sedang dalam proses perluasan pabrik, sehingga Amdal Lalin harus bisa menyesuaikan sesuai aturan yang berlaku,” ujar Ketua Komisi III DPRD Brebes.

Dalam dokumen Amdal Lalin, ada beberapa poin kewajiban dari perusahaan yang harus dipenuhi. Ketua Komisi III DPRD Brebes itu menjelaskan jika poin yang harus dipenuhi daei mulai poin tahapan Konstruksi dan poin tahapan operasional.

Ketua Komisi III DPRD Brebes, Achmad Mafrukhi /Arah Pantura

Ketua Komisi III DPRD Brebes, Achmad Mafrukhi /Arah Pantura

“Seluruh poin dalam dua tahapan itu, harus dilakukan karena berdasarkan penilaian kewajiban pengembang atau pembangun terkait Amdal Lalin bisa dilakukan kesanggupan oleh perusahaan,” tegas Ketua Komisi III DPRD Brebes., Achmad Mafrukhi.

Selain pihak manajemen PT. Tah Sung Hung, nampak hadir dalam pemanggilan tersebut dari Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Lingkungan Hidup Dan Pengelolaan Sampah ( DLHPS) setempat.

Baca juga: Ditemukannya Fosil Tertua di Indonesia, Geopark Situs Bumiayu Akan di Dibangun

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Kabupaten Brebes, Laode Vindar Aris Nugroho, menyebutkan, pihaknya telah memeriksa semua dokumen AMDAL LALIN yang dimiliki oleh PT Tah Sung Hung.

“Untuk kesesuaian dengan dokumen Amdal Lalin, pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan sidak ke pabrik tersebut secara tiba-tiba, untuk mengetahui persis yang terjadi dilapangan,” ungkap Kepala DLHPS Brebes.

Beliau Kepala DLHPS Brebes itu, juga mempertegas, jika nantinya temuan tidak sesuai atau ada yang belum dilaksanakan, pihaknya akan memberikan teguran.

“Kami akan menegur dan memberi peringatan agar pihak perusahaan bisa melengkapi dokumen yang sesuai,” kata Kepala DLHPS Brebes, Laode Vindar Aris Nugroho.

Sementara pihak PT. Tah Sung Hung, melalui Public Relation, Agung, menyampaikan persoalan Amdal Lalin sudah dilakukan oleh perusahaannya.

“Persoalan Amdal Lalin, kita sudah keluar. Ini mungkin kesalahpahaman komunikasi. Terkait perijinan dan sebagainya kita sudah sesuai dengan aturan. Namun, kalau ada kekurangan hasil temuan DLHPS nantinya, perusahaan siap melakukan perbaikan soal Amdal Lalin di perusahaannya,” pungkas Public Relation, PT. Tah Sung Hung,.***

Baca juga: Kadinkes Brebes Mengaku Tidak Mengetahui Plesiran Petugas Kesehatan Puskesmas Tonjong

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *