Puluhan Tahun Menunggu, Masyarakat Desa Pengaradan – Tanjung Nikmati Jembatan Baru

Jembatan yang baru dibangun di Desa Pengaradan Kecamatan Tanjung, setelah warga menantinya sejak puluhan tahun lalu./ist

ARAH PANTURA, BREBES- Masyarakat Desa Pengaradan, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, khususnya warga yang ada di Dusun Kramat Sari dan Dusun Karang Mangu, merasakan kebahagiaan dengan adanya jembatan baru yang sudah bisa digunakan untuk aktivitas penyeberangan warga.

Salah satu tokoh masyarakat Desa Pengaradan, Ananto Sutrisno (49), Minggu (02/01) siang, mengatakan jika selama ini warga menuggu jembatan penyeberangan itu, sejak puluhan tahun silam.

“Masyarakat di Desa Pengaradan sudah menunggu untuk memiliki jembatan penyeberangan sejak puluhan tahun lalu. Karena itu akses satu-satunya terdekat untuk menuju Kantor Balai Desa,” ujarnya

Tidak hanya itu, warga di Dusun Karang Mangu dan Kramat Sari, memimpikan jembatan itu karena lebih efektif jarak tempuhnya menuju ke pasar maupun sebagai akses pertanian dan untuk menjual hasil tambak.

“Khususnya warga di dua dusun yang ada di Desa Pengaradan, warga merasa lebih cepat menuju pasar, maupun akses pertanian maupun untuk menjual hasil tambak. Makanya kami atas nama tokoh dan masyarakat Desa Pengaradan mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Brebes yang telah membangun jembatan tersebut,” ungkapnya

Menurutnya, sangat wajar jika warga antusias, karena sebelum jembatan ini dibangun, warga melintasinya jembatan penyeberangan yang menggunakan bambu.

“Warga antusias atas dibangunnya jembatan, karena sebelumnya akese lalu lintas untuk menyebrangi sungai dengan jembatan bambu yang dibuat warga. Selain jembatan bambu lebih sempit, akses saat menyebrang pun harus lebih berhati-hati.,” imbuh Ananto Sutrisno.

Baca juga: Ribuan Peserta P3K Dinyatakan Lolos, Pemohon SKCK Membludak di Mapolres Brebes

BACA JUGA :  Wawalkot Tegal Sentil Dinkes, Soal Pelayanan Kesehatan Bagi Warga Tidak Mampu

Ditempat terpisah, Anggota Komisi III DPRD Brebes, Tobidin Sarjum, menyambut baik jembatan yang dibangun oleh Pemkab Brebes. Apalagi Jembatan yang dibangun secara bertahap, dinilai sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat di Desa Pengaradan.

“Jembatan itu dibangun sejak empat tahun lalu. Selain dilakukan secara bertahap juga di tahun 2020 sempat terhenti karena adanya refocusing anggaran. Anggaran di fokuskan pada penanganan covid-19 di Kabupaten Brebes,” ujar Anggota Komisi III DPRD Brebes.

Tobidin Sarjum, yang juga Anggota DPRD Brebes di daerah pemilihan Tanjung, Kersana dan Losari ini menyebut, beberapa hari yang lalu, setelah pengerjaan jembatan itu selesai, warga antusias dan menggelar syukuran atas terbangunnya jembatan.

“Saat syukuran warga akhirnya menyepakati untuk membuat nama jembatan baru itu, yakni jembatan Karmadan ( Karang Mangu – Pengaradan). Harapan kami selaku wakil rakyat jembatan itu bisa bermanfaat buat masyarakat sekitar,” pungkas Anggota DPRD Brebes, Tobidin Sarjum.***

Baca juga: Jaring Atlet Sejak Usia Dini, Begini Yang Akan Dibentuk Dindikpora Brebes

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.