Ratusan Warga Antri di Mobil Keliling Penukaran Uang Baru

Ratusan warga antri saat menukarkan uang baru. /Arah Pantura

ARAH PANTURA, TEGAL – Sedikitnya ada 7 mobil keliling sebagai tempat penukaran uang keliling yang disiapkan oleh Bank Indonesia Perwakilan Tegal dan sejumlah bank swasta lainnya yang siap diterjunkan disejumlah titik penukaran uang baru diantaranya Citywalk dan Pasar Pagi di kota Tegal.

Bahkan sejak dimulainya penukaran uang baru melalui mobil keliling yang dijadikan gerai di Jalan Ahmad Yani kota Tegal, pada Kamis (14/4) kemarin, antusias warga rela antri memadati uang baru atau uang hasil cetakan sempurna ini

Nampak tidak hanya warga dari Kota Tegal, namun juga ada warga dari Kabupaten Pemalang, Brebes dan Kabupaten Tegal yang sengaja mendatangi gerai itu, hanya untuk menukarkan uang buat lebaran atau dalam istilah warga setempat sebagai tradisi pecingan di lebaran.

Salah seorang warga Kelurahan Pasarbatang Kecamatan/Kabupaten Brebes, Haryoto (40) mengatakan dirinya yang mengetahui adanya gerai penukaran uang, bersama istrinya rela ke Tegal hanya untuk menukarkan uang baru.

“Biasa setiap lebaran, saya menukarkan uang dari pecahan 5000an, 10ribuan, hingga 20 ribuan, untuk pecing-pecingan keponakan saat keluarga besar berkumpul bersama usai sholat Ied,” tuturnya.

Sementara Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono saat melakukan pemantauan mengapresiasi pihak Bank Indonesia Tegal yang memberikan pelayanan dan kemudahan kepada masyarakat khususnya di Kota Tegal dalam menukarkan uang.

“Di Kota Tegal saja sudah ada 7 mobil keliling yang dijadikan gerai penukaran uang baru untuk melayani masyarakat selama dua minggu kedepan,” ujar Wali Kota Tegal.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tegal, M Taufik Amrozy mengungkapkan penukaran uang lebaran juga nantinya dilakukan di rest area tol di wilayah KPwBI Tegal.
Di antaranya yaknj rest area 252 (Kluwut, Brebes), rest area 260 (Banjaratma, Brebes), rest area 275 (Adiwerna, Tegal), rest area 282 (Lebenteng, Tegal), rest area 294 (Harjasari, Tegal) ruas tol Pejagan-Pemalang.

BACA JUGA :  KKN Mahasiswa Diminta Jangan Sekedar Formalitas, Begini Penjelasannya

“Juga rest area 360 (Gondang, Batang) dan rest area 379 (Gringsing, Batang) ruas tol Pemalang-Batang,” kata Taufik Amrozy.

Kegiatan layanan penukaran uang rupiah bersama ini merupakan sinergi pemenuhan kebutuhan uang dengan perbankan di wilayah kerja KPwBI Tegal, di antaranya BRI, BPD Jateng, BNI, Bank Mandiri, BCA, BSI, dan Bank Muamalat.

“Sinergi pemenuhan kebutuhan uang Rupiah tersebut akan terus dijaga dan ditingkatkan antara KPw BI Tegal dengan seluruh perbankan di wilayah kerja KPw BI Tegal sesuai dengan amanat Undang-undang No. 7 tahun 2011 tentang Mata Uang,” pungkasnya.,***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.