Resmi, Polda Jateng Terapkan ETLE Drone Sasar Pelanggar Lalu Lintas

Tim Ditlantas Polda Jateng dan Satlantas Polres Brebes, melakukan pemantauan monitor drone. /Ist

ARAH PANTURA, BREBES- Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah mulai menerapkan tilang elektronik atau ETLE Drone. Dimana pelanggar lalu lintas yang terpantau dari udara bisa tercapcure oleh ETLE Drone ini, telah dilakukan di perempatan Lampu Merah Gedung Nasional, Jalan Jenderal Soedirman Kota Brebes, Jumat (08/09/23) pagi.

Penindakan ETLE drone ini dilakukan Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah bersama Satlantas Polres Brebes yang melibatkan Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI).

Kanit 5 Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jateng, AKP Agista Ryan Mulyanto mengatakan, penindakan pelanggaran lalu lintas menggunakan ETLE drone mulai diberlakukan. Meskipun, launching dan pemberlakuan serentak di wilayah Polda Jateng mulai bulan Desember 2023 mendatang.

“Sebenarnya sebelum ini kita telah melakukan sosialisasi dan uji coba ETLE Drone. Namun kini, kita mulai berlakukan penindakan. Jika ditemukan pengguna atau pengendara yang melanggar lalu lintas. Seperti tadi, ada beberapa pengendara mobil tidak menggunakan sabuk pengaman, ada juga yang tidak memakai helm, kita lakukan penindakan,” kata Agista Ryan Mulyanto didampingi Kanit Gakkum Satlantas Polres Brebes Ipda Indra Prasetyo.

Ia menambahkan, mekanisme kerja ETLE drone sama dengan pemberlakuan tilang electronic kamera statis atau kamera ETLE seperti yang sudah berjalan selama ini.

“Ini merupakan penyempurnaan dan pengembangan penindakan pelanggaran lalu lintas melalui E-TLE yang saat ini sudah sangat masif dilaksanakan di wilayah Polda Jateng.Seperti, E-TLE statis, E-TLE mobile handheld, dan ini akan di sempurnakan lagi menggunakan E-TLE yang terintegrasi dengan drone,” jelasnya.

Selain di Polres Brebes, kata dia, kegiatan penindakan ETLE drone dilaksanakan di sejumlah Polres kota dan kabupaten seluruh Jawa Tengah dan untuk mekanismenya sendiri sama dengan E-TLE pada umumnya.

BACA JUGA :  Hati-hati! Kawanan Begal Beraksi di Bantarkawung, Sasar Pengendara Motor di Malam Hari

“Saat ini Polda Jateng sudah memiliki 6 ETLE drone yaang sudah mulai diberlakukan dengaan pilot drone APDI. Kedepannya kita akan terus tambah dan dibagikan untuk diberlakukan di wilayah hukum Polda Jateng. Bagi pengendara yang melanggar nanti akan dikirimkan surat tilang ke alamat pemilik kendaraan tersebut,” tegasnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Brebes, AKP Edi Sukamto menjelaskan, Satlantas Polres Brebes telah memberlakukan penindakan ETLE statis, E-TLE mobile dan handheld. Namun demikian, pihaknya juga mempersiapkan pelaksanaan penerapan tilang ETLE drone tersebut.

“Mekanisme dari drone ini seperti penerapan ETLE pada umumnya. Bedanya, hasil tangkap gambar pelanggar lalu lintas lebih terang dan jelas. Untuk kemudian kita kirimkan ke back office. Selanjutnya proses verifikasi dan validasi lalu dikirimkan ke alamat pelanggar sesuai dengan data tersebut,” pungkas Edi Sukamto.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *