Ribuan Pelajar SMP di Brebes Divaksinasi, Ini Syaratnya

ARAHPANTURA, BREBES –  Ribuan pelajar SMP se-Kabupaten Brebes dilakukan vaksinasi oleh Dinas kesehatan setempat. Vaksinasi bagi pelajar ini digelar di 11 SMP Negeri di Kabupaten Brebes, selasa (12/10).

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Brebes, Juwita Asmara, menyatakan pada tahap awal vaksinasi baru bisa dilakukan di 11 SMP Negeri di 11 Kecamatan.

Sebenarnya pihak Dindikpora sudah minta kuota vaksin sejak awal digelarnya pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas serentak digelar seluruh sekolah SD maupun SMP se kabupaten Brebes, awal September kemarin. Namun, diakuinya, saat itu Pemkab Brebes masih memfokuskan pada vaksin untuk lanjut usia (lansia).

“Sejak adanya PTM terbatas digelar, kami sudah meminta kepada Dinas Kesehatan Brebes, untuk memvaksin seluruh siswa SMP baik di negeri maupun swasta, yang berjumlah hingga mencapai lebih dari 56 ribu siswa. Namun, kala itu Pemkab Brebes memfokuskan vaksin lansia. Sehingga untuk siswa SMP baru mulai dilakukan hari ini dan besok (13/10),” kata Juwita saat ditemui wartawan.

BACA JUGA: Pemkab Brebes Akan Gunakan 3 Sumber Dana ini Atasi Kemiskinan Ekstrem, Salah Satunya Dana Desa

Ditambahkan Juwita, untuk stok vaksin yang ada baru sekitar 5 ribu dosis. Stok tersebut dianggap masih jauh dari kebutuhan yang ada mencapai lebih dari 56 ribu dosis vaksin untuk pelajar smp negeri dan swasta se-Kabupaten Brebes.

“Kami berharap seluruh siswa SMP di Kabupaten Brebes bisa divaksin, sehingga ke depan harapannya seluruh sekolah bisa menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) normal, tidak lagi dengan sistem PTM Terbatas,” Tegasnya.

Dari pantauan Arah Pantura di salah satu sekolah di Kecamatan Brebes, yang baru melakukan vaksinasi yakni di SMP Negeri 1 Brebes.

Kepala SMP Negeri 1 Brebes, Dharma Suhaeri, mengatakan jika dari 734 siswa yang divaksin pada tahap pertama digelar selama 2 hari, yakni di hari pertama ada sekitar 300 siswanya yang divaksin, kemudian pada rabu besok separuhnya.

“Seluruh siswa yang divaksin terbagi dua, yakni dari jumlah 734 siswa, hari ini ada separuh siswa yang divaksin, dan besok rabu separuhnya lagi,” Ujarnya

Dia juga menjelaskan bagi siswa yang divaksin adalah siswa yang sudah disetujui orang tuanya, serta siswa yang memenuhi syarat kesehatan oleh tim medis.

Dindikpora Kabupaten Brebes juga meminta bantuan berbagai pihak untuk bisa mendatangkan dosis vaksin bagi pelajar smp.

Karena jika mengandalkan pengiriman dosis vaksin dari Pemprov Jawa Tengah, jumlahnya terbatas sehingga percepatan vaksinasi kalangan pelajar menjadi terkendala.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *