Ribuan Peserta P3K Dinyatakan Lolos, Pemohon SKCK Membludak di Mapolres Brebes

Pemohon SKCK di Mapolres Brebes dalam sepekan mengalami peningkatan /Arah Pantura

ARAH PANTURA, BREBES – Jumlah Pemohon Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dalam beberapa hari terakhir meningkat tajam di Mapolres Brebes.

Bahkan, membludaknya pemohon dalam beberapa hari terakhir, tidak sedikit pemohon harus mengantri berjam-jam dan rela duduk dilantai menunggu giliran, sambil mengisi formulir karena tidak kebagian tempat duduk.

Salah satu pemohon SKCK, Awaludin, pada Jumat (31/12) kemarin mengatakan jika dirinya mendatangi Mapolres Brebes sejak pukul 07.00 pagi. Ini dilakukan dirinya untuk menghindari antrian.

“Saya kesini sengaja pagi-pagi. Jam 7 pagi malahan udah sampai sini. Tapi sudah 2 jam belum dipanggil petugas. Maklum, karena memang harus mengantri menunggu giliran untuk dipanggil,” ujarnya.

Saya dan mayoritas disini yang mengurus SKCK, kebanyakan yang telah dinyatakan lolos seleksi peserta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) guru.

“Memang salah satu syarat pemberkasan yang lolos seleksi adalah catatan dari kepolisian berupa SKCK,” jelasnya.

Baca juga: Jaring Atlet Sejak Usia Dini, Begini Yang Akan Dibentuk Dindikpora Brebes

Sementara Paur Ident Polres Brebes, Aiptu Yustar Khamdir, mengatakan sejak sepekan terakhir jumlah pemohon SKCK di Polres Brebes meningkat tajam ketimbang pada hari-hari biasanya.

“Pada hari biasa, kami paling jumlah pemohon yang mengurus SKCK sekitar 40 sampai 60 orang. Tapi saat ini bisa mencapai 150 orang lebih per harinya,” ucap Paur Ident Polres Brebes.

Paur Ident Polres Brebes ini menjelaskan sebagian besar pemohon merupakan tenaga honorer yang telah dinyatakan lolos seleksi P3K, baik tenaga guru maupun tenaga kesehatan.

“Memang betul, mayoritas pemohon yang meningkat ini, merupakan mereka yang telah dinyatakan lolos seleksi P3K,” terang Paur Ident Polres Brebes, Aiptu Yustar Khamdir.

Ditempat terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Ketenagaan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Brebes, Riyanto, Sabtu (01/101) sore mengatakan membludaknya pemohon SKCK sebagian besar adalah peserta P3K yang lolos seleksi. dikarenakan mereka tengah mengurus pemberkasan sebagai syarat untuk dikumpulkannya pemberkasan dari mulai tanggal 27 Desember 2021 hingga 10 Januari 2022.

“Kemungkinan membludaknya pengurusan SKCK hingga tanggal 10 Januari mendatang, dikarenakan tanggal tersebut batas akhir pengumpulan berkas persyaratan P3K,” kata Kabid Ketenagaan Dindikpora Brebes.

Kabid Ketenagaan Dindikpora Brebes, Riyanto. /Arah Pantura

Kabid Ketenagaan Dindikpora Brebes, Riyanto. /Arah Pantura

Bahkan untuk tenaga guru, yang lolos seleksi P3K ada 2.827 peserta P3K untuk jabatan fungsional guru di Kabupaten Brebes. Selanjutnya penentuan verifikasi pemberkasan akan dilakukan oleh tim verifikator,” imbuh Kabid Ketenagaan Dindikpora Brebes.

Syara lain yang diharus dilengkapi yaitu SKCK yang dikeluarkan oleh Polres, Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari dokter pemerintah, Surat Keterangan tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor, dan zat adiktif lainnya dari unit pelayanan kesehatan pemerintah, sertifikat pendidik (khusus bagi yang mendapatkan afirmasi Sertifikat Pendidik).

“Pemberkasan ini untuk usul nomor induk pegawai pemerintahan dengan perjanjian kerja. Untuk kelengkapan dokumen elektronik diunggah di akun SSCASN,” tambah Kabid Ketenagaan Dindikpora Brebes.

Untuk masa kerja P3K hingga usia 60 tahun. Adapun sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), disebutkan bahwa Pegawai Negeri Sipil dan PPPK termasuk dalam kategori Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Karena P3K sesuai aturan termasuk kategori ASN. Maka kami berharap mereka nantinya bekerja sesuai dnegan ketentuan-ketentuan sebagai ASN,” pungkas Kabid Ketenagaan Dindikpora Brebes, Riyanto.***

Baca juga: Jadi Kado Tahun Baru, Wakil Rakyat Ini Bagikan Ribuan Paket Beras

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *