Sebuah Kapal Yang Baru Bersandar di Pelabuhan Tegal Ludes Terbakar

Sebuah Kapal nelayan di pelabuhan Tegal terbakar. /Arah Pantura

ARAH PANTURA, TEGAL – Sebuah kapal berukuran 100 GT ludes terbakar saat baru bersandar di Pelabuhan Pelindo, Kota Tegal, Minggu (17/4) pagi.

Beruntung tak ada korban jiwa maupun luka. Api berhasil dijinakkan dengan cepat sehingga tak sampai merembet ke kapal lainnya.

“Kapal terbakar sekitar pukul 08.00 WIB. KM Sari Asih Baru 01 yang sedang bersandar di Pelabuhan Pelindo,” kata Kapolres Tegal Kota, AKBP Rahmad Hidayat, kepada wartawan dilokasi kejadian.

Dari beberapa peristiwa sebelumnya,, kebakaran kapal di kawasan pelabuhan ini adalah yang kedua di tahun ini. Pada Januari 2022, belasan kapal hangus terbakar.

Di waktu yang tak lama sebelumnya, tepatnya November 2021 kebakaran juga terjadi dan menghanguskan belasan kapal yang bersandar di kawasan yang sama.

Kapolres Tegal Kota mengatakan, berdasarkan pengalaman peristiwa kebakaran- kebakaran sebelummya, petugas berhasil melokalisir api hingga kebakaran tak sampai meluas.

“Berdasarkan pengalaman pada kebakaran-kebakaran yang lalu, usaha yang harus kita lakukan di antaranya adalah lokalisir agar kebakaran tidak meluas. Dan api berhasil dipadamkan berkat kerjasama semua pihak, masyarakat TNI Polri,” ungkapnya.

Rahmad mengatakan, berdasarkan informasi yang ia terima, diduga api muncul dari ruang nahkoda di bagian atas kapal.

“Dari saksi yang melihat informasinya api dari atas ruangan nahkoda karena kelistrikan ada di atas,” kata AKBP Rahmad Hidayat.

Kendati demikian, kata Rahmad pihaknya masih akan melakukan pendalaman untuk mengungkap penyebab pasti kebakaran.

Di antaranya dengan melihat bukti dan meminta keterangan saksi-saksi hingga pemilik kapal.

BACA JUGA :  Jumlah Kapal Yang Terbakar di Pelabuhan Tegal Bertambah Menjadi 17

“Sementara kita fokus pemadaman dulu. Nanti kita lakukan pendalaman untuk mencari peyebab pastinya,” pungkasnya.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.