Sejumlah Pasar di Brebes Tidak Representatif, Ketua Fraksi PDIP Soroti Keseriusan Pemkab

ARAHPANTURA, BREBES – Dari 24 pasar rakyat atau tradisional yang ada di Kabupaten Brebes, Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkopumdag) Brebes, mengakui mayoritas sejumlah pasar yang ada di Kabupaten brebes, saat ini kondisinya sudah tidak layak dan perlu dilakukan perbaikan atau revitalisasi. Hal ini katakan Kabid Perdagangan Dinkopumdag Brebes, Maryono.

“Kami mengakui hampir semua bangunan pasar rakyat yang menjadi binaannya, saat ini kondisinya memprihatinkan dan perlu dilakukan revitalisasi, sehingga nantinya akan nyaman bagi pedagang dan pembeli,” tegas Maryono.

Sementara Ketua Fraksi PDIP DPRD Brebes, M. Rizki Ubaidillah, (29/10) mengatakan jika terkait revitalisasi pasar tradisional, Pemkab Brebes harus memiliki master plan yang jelas. Dirinya juga mengakui jika pasar tradisional di Kabupaten Brebes, sebagian besar bangunannya sudah tidak layak untuk kegiatan jual beli antara pedagang dan pembeli.

“Pemkab harus memiliki master plan yang jelas, mau diapakan? karena memang pasar di Kabupaten Brebes perlu direvitalisasi, dibangun dengan tata ulang, agar pasar tradisional bisa layak dan representatif dalam infrastrukturnya,” ungkap Ketua F-PDIP tersebut.

Baca Juga : Mahasiswi UPS Tegal Asal Brebes Tewas Kecelakaan, Diduga Ini Penyebabnya

M. Rizki Ubaidillah juga menambahkan jika keinginan adanya penggabungan Pasar Kodim dan Pasar induk, yang berada jantung tengah Kota Brebes. Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan harus memilik konsep yang jelas untuk tidak menghamburkan uang APBD.

” Meski tujuannya baik, namun ada cara yang lebih efektif dan efisien terkait itu,” Pungkasnya.

Sebelumnya, Kabid Perdagangan Dinkopumdag Brebes, maryono mengatakan jika pemerintah pusat telah mengakomodir melalui Peraturan Presiden (Perpres) nomor 79 tahun 2019, dimana Pasar Induk Brebes dianggarkan 150 milyar rupiah untuk revitalisasi pasar.

Namun sayangnya Pemkab Brebes belum bisa menganggarkan APBD yang memadai terkait perencanaan dari revitalisasi Pasar Induk tersebut.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *