Selama Satu Tahun Bea Cukai Cirebon Amankan 2,6 Juta Rokok Ilegal

ARAHPANTURA, CIREBON, — Ratusan juta batang rokok tanpa cukai berhasil diamankan oleh Bea Cukai Cirebon, sebagai community protector. Bea Cukai secara kontinyu melaksanakan pengawasan terhadap peredaran barang kena cukai ilegal.

Humas Bea Cukai Cirebon, Novembriyanto Nugroho, menerangkan jutaan batang roko tanpa cukai melalui operasi pasar, terkumpul sejak 2020 hingga Oktober 2021.

“Pengumpulan dua tahun ini, sejak 2020 sampai 2021, Oktober ini terkumpul 2.600.000 batang, atau sekitar 2.6 miliar,” ujarnya.

Masih dikatakan Novem, Wilayah Ciayumajakuning menjadi salah satu wadah peredaran bagi perusahaan untuk menyebarkan rokok ilegal.

Baca Juga: Waspada Dampak La Nina! Ini Penjelasan BMKG

“Asal rokok produksi wilayah timur, Jawa tengah, Jawa timur, karena harga murah dan produk sudah filter, tapi karena bahan baku asal-asalan pemasaran tidak menggunakan konvensional dan tidak menggunakan cukai, ini bisa membunuh rokok yang legal,” jelasnya.

Sebelum dimusnahkan, rokok hasil sitaan menjadi milik negara dan pemusnahan dilakukan setelah mendapat persetujuan Kementrian keuangan.

“Rokok tersebut pasti akan dimusnahkan, keputusan pelaksanaan menunggu persetujuan Kemenkeu,” katanya.

Para pelaku pengedar yang diamankan Bea Cukai Cirebon melalui jalur darat ini, disampaikan Novem pengedar rokok ilegal dikenakan sanksi pidana maksimal lima tahun penjara.

“Bagi yang tertangkap, kita melaksakanan penindakan, dilanjutkan ke persidangan di pengadilan sudah ada yang dipenjara tahun ini baru satu orang, dan di tahun 2020 sudah ditahan lebih dari satu orang pengedar rokok ilegal,” tukasnya.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *