Seorang Penambang Tewas Tertimbun Pasir di Bumijawa

Seorang penambang tertimbun pasir di Bumijawa Tegal. /Arah Pantura .

ARAH PANTURA, TEGAL – Tiga orang penambang pasir di Dukuh Riwan, Desa Traju, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal tertimbun pasir saat beraktivitas di galian C, Selasa (29/3) sore kemarin.

Dimana saat Kejadian tersebut. mengakibatkan 1 orang tewas dan 2 penambangan lainnya mengalami luka – luka.

Korban tewas yakni Jamaludin Bin Torikin (25), warga Dukuh Riwan Desa Traju. Sementara korban luka – luka adalah Asep Lukmansyah Bin Supardi (22) dan Imam Hasanudin (28) warga Dukuh Riwan Desa Traju.

Korban tewas sempat dilarikan ke UGD Puskesmas Bumijawa, dan kini sudah dibawa ke rumah duka. Dua penambang yang luka masih menjalani perawatan di Puskesmas Bumijawa.

Berdasarkan laporan yang masuk ke Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal menyebutkan, kejadian berawal saat 6 penambang melakukan penggalian pasir trass dan batu di tempat penggalian pasir tradisional di Dukuh Riwan Desa Traju dengan menggunakan cangkul dan linggis. Beberapa saat kemudian, tiba-tiba pasir trass setinggi 10 meter yang sedang digali longsor.

“Material longsor itu langsung menimpa 3 orang tersebut. Untuk penambang lainnya, Slamet (58), Irpan (35) dan Rosidin (26) yang juga warga Dukuh Riwan, berada di dekat lokasi penambangan selamat dari longsoran tebing tras tersebut,” kata Ketua PMI Kabupaten Tegal, Imam Sisworo. Rabu (30/3) pagi.

Ia menyebut, jaraknya antara ketiga korban dengan ketiga penambang lainnya sekitar 20 meter. Sehingga ketiga penambang lainnya selamat dari kejadian tersebut. Imam mengatakan, ia mendapatkan informasi tersebut dari Puskesmas Bumijawa dan langsung mengecek kondisi korban. Usai di lokasi, PMI juga membantu mengantarkan jenazah kerumahnya di Dukuh Riwan.

BACA JUGA :  Pemkab Brebes Tanggap Akan Rehab Rumah Nyaris Ambruk di Pasarbatang, Tapi Ada Syaratnya

“Ya begitu dapat laporan kami langsung cek lokasi penambangan bersama Polsek Bumijawa dan Koramil Bumijawa,” pungkasnya.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.