Sudah Seharusnya Dipisahkan Berdasarkan Wilayah, PWI Cirebon Dinilai Sudah Tidak Relevan

ARAHPANTURA, Cirebon, – Praktisi Media, Eko Ardi Nugraha mengkritisi keberadaan organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) wilayah Cirebon karena sudah dinilai tidak relevan dengan kondisi geografis wilayah dan lokasi industri media di Cirebon.

Menurut Eko yang sudah menjadi wartawan sejak tahun 2003 ini, seyogyanya PWI Cirebon itu dibagi menjadi PWI Kota Cirebon dan PWI Kabupaten Cirebon.

“Stakeholder wilayah Kota dan Kabupaten itu berbeda, jadi sebaiknya dipisah antara kepengurusan wartawan di Kota dan Kabupaten,” ujarnya kepada Arah Pantura, Rabu (16/3/2022).

Menurut Eko, pemisahan organisasi ini diharapkan bisa memberikan fokus bagi pemberdayaan wartawan dan kemajuan industri media.

“Dalam Peraturan Rumah Tangga PWI pasal 10 jika Keanggotaan seseorang disesuaikan dengan wilayah tempat anggota bersangkutan melaksanakan profesi kewartawanan¬≠nya secara permanen,” jelasnya.

Ditambahkan Eko yang tercatat bersertifikasi Wartawan Utama PWI ini menjelaskan jika kini wilayah peliputan wartawan di Cirebon terbagi menjadi Kota dan Kabupaten. Hanya wartawan nasional saja yang masih menempatkan wartawan meliputi wilayah 3 Cirebon atau ciayumajakuning.

“Jika mengacu lagi BAB V pasal 19 tertulis disitu kepengurusan PWI berdasarkan wilayah Kota atau Kabupaten. Keberadaan PWI wilayah Cirebon mengikuti wilayah admistrasi lama,” pungkasnya.

Saat ini telah dilantik Pengurus PWI Cirebon periode 2021-2025, dengan Ketua PWI Cirebon, Muhammad Alif Santosa didampingi Sekretaris PWI Cirebon, Mastari.***

Spread the love

BACA JUGA :  Level PPKM Kota Cirebon Turun, Begini Kerja Keras Tim Satgas Kota Cirebon

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.