Sungai Pemali Meluap, Banjir Genangi Pemukiman Warga di Desa Lengkong Brebes

Banjir menggenangi pemukiman warga di Desa Lengkong, Kecamatan Brebes. /Ist

ARAH PANTURA, BREBES – Meluapnya Sungai Pemali menyebabkan pemukiman warga di Desa Lengkong Kecamatan Brebes, tergenang banjir, Minggu (13/2) pagi. Air yang menggenangi pemukiman warga disebabkan tanggul Sungai Pemali di Desa Lengkong terdapat rembesan.

Selain jalan desa dan kebun milik warga, banjir juga merendam sejumlah rumah. Sedikitnya ada 11 rumah warga di Desa Lengkong yang terendam. Tak hanya itu, banjir ini juga merendam jalan utama Brebes – Jatibarang, tepatnya di ruas Desa Terlanggu, Kecamatan Brebes.

“Air masuk sejak pukul 03.00. Tadi saya keliling, ada 11 rumah yang terendam. Air sudah masuk ke rumah, yang lain baru halaman rumah terendam,” kata Tarjono, warga setempat.

Menurut dia, banjir ini berasal dari air rembesan Sungai Pemali yang saat ini debitnya naik. Air masuk ke pemukiman warga melalui celah-celah tanggul sungai dan saluran buangan.

“Air ini dari rembesan tanggul. Kalau Sungai Pemali meluap, tanggul rembes dan airnya masuk ke pemukiman warga,” ungkapnya

Beliau menambahkan, banjir terjadi setiap tahun di perkampungannya, terutama saat musim hujan. Warga berharap tanggul Sungai Pemali diperbaiki agar tidak rembes.

“Sudah jadi langganan, setiap tahun saat musim penghujan banjir kaya begini. Kami berharap tanggulnya bisa diperbaiki,” pungkasnya.

Spread the love

BACA JUGA :  Tragis, 3 Bocah di Balapulang - Tegal Tewas Tenggelam Saat Mandi di Sungai

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.